Melongok Saung Hidroponik Asal Desa Calingcing Kecamatan Sukahening

Berita Utama341 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Sukahening, faktadanrealita.com

Pada kesempatan berkunjung ke wilayah Desa Calingcing Kecamatan Sukahening Kab. Tasikmalaya, tim faktadanrealita.com mampir sejenak ke kediaman ibu Dewi Siti Hasanah, beliau adalah seorang penghoby tanaman hidroponik yang kaya manfaat.


Seakan tertarik untuk mengetahui sejauh mana cara bertanam hidroponik, tim pun langsung mengunjungi saung hidroponik Sauqi milik ibu Dewi yang ternyata beliau sudah cukup lama melakukan budidaya cocok tanam hidroponik bersama sang suami tercinta.

Kenapa berhidroponik ? Pesatnya suatu kota, akan berdampak pada minimnya lahan yang tersedia. Maka dari itu, masyarakat yang gemar bercocok tanam memilih alternatif lain untuk tetap bisa menyalurkan hobinya melalui metode hidroponik.


Menurut Ibu Dewi sendiri, Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Metode ini lebih mengandalkan air dan bahan-bahan yang sifatnya porus.

Penggunaan air dalam metode hidroponik dikatakan lebih efisien, karena tidak sebanyak saat kita bercocok tanam dengan media tanah.


Umumnya, saat proses penyiraman, tanaman hidroponik memperoleh asupan makanan dari zat-zat anorganik. Jenis tanaman yang lazim digunakan dengan cara ini pun cukup banyak, seperti selada, lobak, tomat, bayam, kangkung, timun, daun bawang, paprika, dan wortel, ujarnya.


Berikut beberapa manfaat dalam berhidroponik : 1. Serangan hama dan penyakit lebih minim, 2. Tidak tergantung pada musim dan tempat, 3. Menghemat penggunaan pupuk, 4. Dapat dilakukan bahkan di lahan sempit sekalipun dan 5. Biaya yang dikeluarkan relatif sedikit.***

Reporter Liputan : Irfans Hasanudin

Inline Related Posts  Pasca Keracunan Massal Di Mangkubumi, Seksi Promkes dan PM Dinkes Kota Tasikmalaya Berikan Edukasi