8 Mei 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Kompetisi Sepak Bola AGU Cup Usai Digelar, Pemain Bertalenta akan Direkrut

Garut, faktadanrealita.com

Ajang Kompetisi Akademi Garut United (AGU) yang diikuti 28 klub SSB usia dini se-wilayah kabupaten Garut, yang digelar di Lapang Rancabango, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu-Minggu (4-5/1/2020), resmi ditutup.

Tampil sebagai juara 1 SSB D Patriot, juara 2 SSB Cakrabayu dan juara 3 SSB BU Merah Bayongbong. Meski bernuansa kompetisi, namun sebetulnya kompetisi AGU Cup tersebut lebih dititik beratkan kepada penjaringan dan pencaharian bibit-bibit pemain muda handal berbakat yang tersebar di sekolah sepak bola yang ada di Kabupaten Garut.

Dijelaskan Ketua Umum AGU, H. Chahyadi Kristiawan, di kawasan Lapang Rancabango, Minggu (5/1/2020), pihaknya merasa bangga melihat antusias anak-anak yang hadir pada AGU Cup,  ajang ini mereka jadikan sebagai pemanasan sebelum nanti berlaga Festival Danone 2020. Hampir setiap kecamatan mengikuti festival ini.

“Kita bukan menjadi pesaing untuk para SSB tetapi akan lebih mewadahi dengan sistem promosi dan degradasi. Ketika nanti terseleksi dari semua peserta menjadi dua tim untuk kedepannya untuk mengikuti penyelenggaraan Danone dan sampai nantinya disiapkan untuk ke kancah nasional,” tutur H. Chahyadi.

Ditegaskannya, festival ini lebih ke penjaringan untuk pembinaan. Lebih utamanya ajang ini untuk merekatkan para pengelola SSB dengan dapat saling mengenal dan bersilaturahmi. “Sehingga kedepan memiliki program yang lebih baik untuk mereka (SSB) termasuk untuk Akademi Garut United sendiri,” ujarnya.

Baca Juga :   Bupati Garut Instuksikan Satpol PP Tingkatkan Penegakkan Disiplin Prokes

Festival Pra Danone AGU mendapat dukungan dari Askab PSSI Kabupaten Garut dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut. Ketua Askab PSSI Kabupaten Garut, Amirudin Latif mengatakan, sangat merespon Festival Pra Danone. Apalagi sebelumnya sudah ada koordinasi dari pihak Akademi Garut United mengenai apa maksud dan tujuan kegiatan ini. “Ke depan akan saling mendukung dengan apa yang telah diprogramkan Askab Garut kedepan,” imbuhnya.

Sedangkan, Kabid Olah Raga Dispora Garut, Drs. H.  Tito Sugito, MM., mengungkapkan, keberadaan Akademi Garut United membawa banyak manfaat bagi per-sepak bolaan Garut. Diantaranya akan menjadi wadah pembinaan bibit pesepak bola yang handal, terutama bagi orang-orang yang sangat mendukung anaknya berprestasi menjadi pesepak bola.

“Di AGU-lah tempat yang tepat untuk pengembangan bakat. Selain itu, program AGU akan sangat mendukung program olah raga yang dicanangkan Askab melalui Dispora, khususnya di bidang sepak bola untuk berprestasi di tingkat nasional,” ujar Tito.

Kabid Olah Raga Dispora Garut, Drs. H. Tito Sugito, MM

Selama Festival Pra Danone berlangsung, semua tim secara perorangan mendapat penilaian dari jajaran pelatih AGU. Nantinya akan dijaring untuk pematangan dan mendapat didikan untuk menjadi pesepak bola yang profesional di Akademi Garut United.(Dedi Oded/U. Nandang)

Bagikan :
error: Protect !!!