Karangpawitan Sukses Menggelar Pilkades Serentak 2021

Berita Utama1377 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

KECAMATAN Karangpawitan yang merupakan kecamatan dengan jumlah desa paling banyak yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 dibandingkan kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di kabupaten Garut yakni dengan 14 desa, dinilai telah berhasil menyelenggarakan pilkades tersebut dengan sukses, aman dan tanpa ekses.

Sekmat Karangpawitan Drs. Yogaswara Hirman Wiharja mengatakan kepada Kabiro Media Fakta dan Realita diruang kerjanya, bahwa hari Jumat (11 Juni 2021) ini merupakan hari terakhir apabila ada peserta pilkades yang merasa kurang puas terhadap hasil pelaksanaan pilkades yang sudah berlangsung 08 Juni 2021 yang lalu.

“Kami persilahkan untuk melapor kepada pihak Kecamatan apabila ada yang merasa kurang puas, tentunya harus disertai bukti yang bisa dipertanggung jawabkan,” katanya.

Pada hari terakhir pelaporan, tanggal 11 Juni 2021 (hari ini), sambung Sekmat, terdapat satu calon Kepala Desa no. 5 dari desa Situgede yang melaporkan terkait data warga yang tidak terdaftar dalam DPT (DPT versi prodeskel).

“Dengan adanya laporan tersebut, Tim Perselisihan hasil Pilkades Kecamatan Karangpawitan selanjutnya akan melaksanakan pemeriksaan, pengkajian dan tahapan lainnya sesuai Perbub Garut No. 11 Tahun 2021,” terangnya.

Selain itu, Sekmat Karangpawitan mengucapkan terimakasih kepada Danramil 1102/Karangpawitan berserta anggota, Kapolsek Karangpawitan beserta anggota, Satpol PP, Tim kesehatan dari Puskesmas tiap wilayah di Kecamatan Karangpawitan, PPKD beserta PKKSD dan Limas.

“Termasuk kepada para peserta pilkades, baik itu kepada pemenang maupun yang kurang beruntung. Terimakasih karena telah bersikap bijak dan dewasa dimana bisa mengajak tim suksesnya untuk tetap kondusif,” ucapnya.

Terakhir Sekmat Karangpawitan juga menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga Kecamatan Karangpawitan yang telah ikut mendukung, berpartisipasi dan menyukseskan pilkades serentak ini dengan aman, lancar tanpa ekses.

Inline Related Posts  Camat Garut Kota: 'Corona Bukan Dunia Maya Tetapi Sudah Menjadi Dunia Nyata'

Sekmat Karangpawitan berharap dengan adanya pilkades ini dan telah terpilihnya Kades yang baru maupun Kades yang meneruskan jabatannya, nantinya bisa terus berkarya membangun desanya masing-masing agar menjadi Desa yang maju di segala aspek kehidupan yang bisa membawa warganya menuju Masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Berdasarkan pantauan Media Fakta dan Realita pada pilkades serentak di Kecamatan Karangpawitan, total suara DPT dari keseluruhan 14 Desa adalah 50.372 suara, dengan total peserta pilkades sebanyak 56 calon Kades.

Pelaksanaannya pun terbilang berjalan lancar, aman walaupun ada pelaporan pengaduan dari salah satu calon Kades terkait data warga yang tidak terdaftar dalam DPT, namun tampak langsung ditangani dengan baik oleh pihak Kecamatan beserta Forkopimcam, dengan segera melakukan pengecekan.

Masih dalam pantauan Fakta dan Realita saat berlangsungnya pemungutan suara tanggal 08 Juni 2021 kemarin terpantau Forkopimcam Karangpawitan bersama satpol PP terjun langsung melakukan monitoring langsung ke setiap TPS untuk memastikan pemungutan suara disetiap TPS berjalan lancar, aman dan kondusif.

Selain itu Tim Kesehatan dari Puskesmas setempat pun terpantau berperan aktif dalam menjaga para PKKSD dan warga yang melakukan pencoblosan suara agar terhindar dari penyebaran covid-19, dengan memastikan prokes berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku.

 Berikut  hasil rangkuman Media Fakta dan Realita terkait pelaksanaan  Pilkades di kecamatan Karangpawitan ;

1. 14 Desa dengan 56 Calon Kepala Desa
2. Jumlah TPS sebanyak 142 TPS
3. Total surat suara masuk sebanyak 50.372 surat suara, suara sah 49.630 surat suara, belangko atau suara tidak sah : 742 surat suara

Kepala Desa dengan raihan suara terbanyak;

1. Desa Situsari : Rudy Hamdani Rusman
2. Desa Situgede : Dedi Suryadi S.PDI
3. Desa Situjaya :  Suryaman
4. Desa situsaeur : Agus Mulyadi
5. Desa Karangsari : Cecep Rodini Zulpaid
6. Desa Sindangpalay : Ustad Wawan
7. Desa Sindanggalih : Ajat Sudrajat S.Ag
8. Desa Sindanglaya : Agus Susanto
9. Desa Suci : Dian Rusdianto
10. Desa Jatisari : Dadan
11. Desa Godog : Ustad Agus Komarudin
12. Desa Tanjungsari : Yudi Nurjaman
13. Desa Cimurah : Asep Kamaludin
14. Desa Lebak Agung : Oman

Inline Related Posts  Kades cangkuang Garut Bantah Dirinya Terlibat "main" Dalam Penyaluran Program Sembako

Reporter: Asep Prawita|Editor: Red_FR

()