15 Juni 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Jelang Sensus Penduduk 2020, Pemkab Garut dan BPS Adakan Rakor Bersama

Garut, faktadanrealita.com-

Pemerintah Kabupaten Garut bersama Badan Pusat Statistik (BPS) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) sensus penduduk 2020 bertempat di Ruang Rapat Setda Garut, Senin (24/02/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, Kepala BPS Garut, Doni Gunawan Yusup, Sekda Garut, H. Deni Suherlan, perwakilan dari Polres Garut, Dandim 0611 Garut, Kejari Garut, para kepala SKPD dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Bupati Garut mengatakan, sensus penduduk yang dilaksanakan secara online dan wawancara ini merupakan program rutin pemerintah pusat yang dilakukan setiap sepuluh tahun sekali.

Sensus penduduk tahun 2020 ini, lanjut Bupati, merupakan yang ke-7 kalinya dilakukan di Indonesia. Tujuannya menyediakan data kependudukan yang benar-benar valid.

Dikatakan Bupati, permasalahan yang terjadi dengan jumlah penduduk di kabupaten Garut memiliki dua sumber yakni berdasarkan UU No.33 tahun 2014 tentang Pencatatan Sipil jumlah penduduk kabupaten Garut berkisar di 2,280 ribu lebih, sedangkan berdasarkan UU BPS yang merupakan data paling Falid menjadi dasar kebijakan pemerintah pusat dan daerah jumlah penduduk kabupaten Garut adalah 2,6 juta jiwa.

“Disini terlihat ada selisih hampir 300 ribu penduduk, tentu ini satu masalah yang harus diselesaikan,” ungkap Bupati.

Program sensus penduduk 2020, kata Bupati, saat ini menjadi kesempatan bagi BPS untuk menyampaikan bagaimana caranya mengisi secara online.

“Diharapkan semua bisa mengisi secara bersama-sama mendaftarkan diri kita melalui sensus penduduk 2020,” pintannya.

Bupati menjelaskan, Garut merupakan IPM yang memiliki tingkat pertumbuhan terbesar di Jawa Barat, tetapi apabila dibandingkan dengan pertumbuhan tahun 2018 pertumbuhan IPM 2019 mengalami penurunan sebesar 0,20 persen, alhasil yang tadinya kabupaten Garut menempati peringkat ke-2 kini peringkatnya diposisi ke-4.

“Saya berharap BPS dengan berbagai datanya menjadi dasar peningkatan pembangunan di kabupaten Garut, terutama yang perlu diketahui oleh kita bagaimana cara menghitung pendapatan perkapita, bagaimana menghitung PDRB dan sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS Garut mengatakan, rakor ini dalam rangka memperkuat koordinasi seluruh jajaran pemerintahan untuk berkomitmen dalam menyukseskan program nasional sensus penduduk 2020 di wilayah kabupaten Garut.

“Saya akan terus mendukung dan mendorong teman-teman dilapangan untuk terus bergrilya dalam menyukseskan sensus penduduk online 2020,” ucapnya.

Baca Juga :   Sebagai Bukti Kepedulian Terhadap Pendidikan, BNI Cabang Garut Salurkan CSR Sarana Pendidikan

Ditambahkan Doni, Sensus penduduk 2020 secara online telah dimulai sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang. Sedangkan secara wawancara langsung ke rumah warga akan berlangsung pada 01-31 Juli 2020.

Doni menjelaskan, tujuan diadakannya sensus penduduk ini untuk mengetahui struktur jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Garut secara keseluruhan. Pendataan dilakukan bagi penduduk yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Garut baik yang tinggal di daerah maupun luar daerah.

Pada kesempatan itu, petugas BPS Garut menyampaikan cara melakukan sensus penduduk secara online dan memberikan ciri-ciri petugas sensus secara langsung yang mendatangi rumah warga.

Berikut cara pengisian sensus penduduk secara Online  :

1.  Masuk ke laman sensus.bps.go.id
2. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) Anda
3.  Klik kotak kosong pada Captcha lalu klik “Cek Keberadaan”
4. Jika pertama kali melakukan akses pada SP           Online, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan      keamanan yang paling sesuai. Lalu klik “Buat           Password”
5. Masukkan kata sandi yang telah dibuat                     sebelumnya, lalu klik “Masuk”
6. Bacalah panduan awal mengenai pengisian             SP Online, lalu klik “Mulai Mengisi”
7. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai

8.  Ikuti petunjuk yang ada dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya

9. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol “Kirim”

10.  Unduh atau kirimkan bukti pengisian ke email Anda dengan mengisikan alamat email

Berikut ciri-ciri petugas sensus :

a. Memakai rompi berwarna biru tua dengan logo Sensus Penduduk 2020 di bagian dada kanan, logo BPS di bagian dada kiri, dan tulisan “PETUGAS SENSUS” di bagian punggung

b. Membawa tas punggung berwarna hitam dengan logo BPS dan Sensus Penduduk 2020

c. Memakai tanda pengenal yang bertuliskan nama petugas

d. Membawa surat tugas dari BPS Kabupaten/ Kota setempat.

Penulis : Redaksi FR

Bagikan :
error: Protect !!!