Apdesi Garut Gelar 2 Acara Penting sekaligus, Halal bihalal dengan Apdesi Jabar dan Musyawarah PAW Ketua Apdesi

oleh -1 Dilihat

Garut, faktadanrealita.com

PENGURUS DPK Apdesi Garut menggelar 2 acara penting yakni kegiatan Halal Bihalal bersama dengan Pengurus DPC Apdesi Jawa Barat dan Musyawarah Pergantian Antar Waktu (PAW) dalam rangka memilih Ketua Apdesi Kabupaten Garut Periode 2020-2022 yang bertempat di Villa Buleud, kampung Buleud, kecamatan Tarogong Kaler, kabupaten Garut, Kamis (11/06/2020).

Pada acara Pertama yakni Halal Bihalal pengurus DPK Apdesi Garut bersama DPC Apdesi Jabar, Terpantau Fakta dan Realita, acara berlangsung cukup lancar dan meriah. Para peserta acara terlihat saling bersilaturahmi satu sama lain dalam suasana keramah-tamahan yang begitu kental.

Acara yang mengambil tema “Bersatu Dalam Kebhinekaan Menuju Jabar Juara Lahir Bathin TH 2020” dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) H. Aji Sekarmaji, Kabid Pemdes DPMD dan Kasi Pemdes DPMD, para ketua Apdesi se-kecamatan Garut kota dan juga penasehat Apdesi Garut H. Roy Rizal yang merupakan pengurus Apdesi paling senior.

Ketua DPK Apdesi Jabar, Dede Kusdinar dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan halal bihalal yang digagas DPC Apdesi Garut. Menurutnya, Pelaksanaan kegiatan seperti ini penting dilakukan, selain akan lebih mempererat jalinan tali silaturahmi, juga sebagai salah satu wujud kebersamaan antar pengurus dan anggota Apdesi.

Lebih jauh, Dede mengajak kepada para pengurus Apdesi dan Kepala Desa agar menyamakan presepsi dalam menyikapi situasi dan kondisi Covid-19 sekarang ini. Kepala desa harus dapat memaksimalkan penggunaan Dana Desa yang tahun ini peruntukkannya dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Dede juga berharap agar para Kepala Desa selalu memperhatikan dan mentaati koridor-koridor hukum yang ada dalam  penggunaan dana desanya, termasuk dalam hal penyaluran BLT yang dananya bersumber dari luar dana desa.

“Kepala Desa harus berhati-hati dalam membuat dan melaksanakan setiap kebijakannya, jangan sampai menyalahi aturan,  baik secara hukum maupun norma kemasyarakatan lainnya,” pungkas Dede singkat.

H. Asep Basir Terpilih Sebagai Ketua Apdesi Garut Priode 2020-2022

Sementara itu, usai menggelar acara Halal Bihalal, pengurus DPK Apdesi Garut kembali melanjutkan acara yang kedua yakni Musyawarah Pergantian Antar Waktu (PAW) Ketua Apdesi kabupaten Garut.

Musyawarah PAW Ketua Apdesi sengaja dilakukan karena sampai dengan saat ini posisi Ketua Apdesi kabupaten Garut kosong. Kekosongan Jabatan Ketua Apdesi Garut terjadi karena Ketua Apdesi sebelumnya yaitu Dede Kusdinar telah mengundurkan diri dari jabatannya. Mundurnya Dede dari kepengurusan Apdesi Garut sangatlah beralasan seiring dengan keberhasilannya terpilih menjadi Ketua Apdesi Jabar pada acara musyawarah pemilihan Ketua Apdesi Tingkat Provinsi Jawa Barat yang digelar di Bandung pada akhir 2019 yang lalu.

Pasca ditinggalkan Dede, jabatan Ketua Apdesi Garut sempat diisi oleh Wakil Ketua Apdesi Garut yakni H. Asep Basir sebagai Pjs. Ketua Apdesi, namun masa waktu kepemimpinan jabatan H. Asep Basir pun belum lama ini berakhir. Untuk itu, sebagai antisipasi kekosongan jabatan untuk sisa waktu 2 tahun kepengurusan Apdesi sampai 2022,  pengurus DPC Apdesi pun mengadakan acara musyawarah PAW untuk memilih ketua baru.

Terpantau pada acara musyawarah PAW, berdasarkan hasil kesepakatan bersama semua pengurus Apdesi Garut yang ditanda-tangani oleh ketua pelaksana kegiatan H. Syam Sakti, telah diputuskan bahwa H. Asep Basir terpilih secara aklamasi dan sah sebagai Ketua Apdesi kabupaten Garut periode kepemimpinan 2020-2022.

Dalam sambutan pertamanya, Ketua Apdesi Garut yang baru, H. Asep Basir mengapresiasi keputusan pengukuhan dirinya sebagai ketua, hal ini menurutnya, tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan semua pengurus DPC dan seluruh Kepala Desa.

Isep berjanji dimasa jabatan 2 tahun kedepan akan lebih meningkatkan kekompakan di kalangan pengurus Apdesi Garut dan juga mendorong keberhasilan pembangunan seluruh desa-desa di Garut.

TIM Fakta dan Realita Garut

No More Posts Available.

No more pages to load.