Forkopimcam Karangpawitan Garut Hadiri Musdes Terkait Perubahan Kebijakan Baru APBDes Tentang Penanggulangan Covid-19

oleh

Garut, faktadanrealita.com-

Camat Karangpawitan menghadiri musyawarah persiapan pemanfaatan Dana Desa 2020 dan APBDes 2020 di Aula Kantor Desa Situsaeur, kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat, Jumat (27/03/2020).

Hadir pada acara Musyawarah Desa (Musdes) tersebut, Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat, Danramil 1102/krp, perwakilan dari Polsek Karangpawitan Aiptu Dani, Kades Situsaeur, Sekdes Situsaeur, BPD, RT, RW dan tokoh masyarakat Desa Situsaeur.

Camat Karangpawitan, Rena Sudrajat dalam sambutannya mengatakan bahwa APBDes bisa dirubah satu kali dalam satu tahun.

“APBDes bisa dirubah kalau seiringan atau tidak bersebrangan dengan PP 43 Tahun 2014 yaitu dibulan Oktober, kecuali APBDes tersebut ada perubahan kebijakan dari pemerintahan tertinggi,” kata Rena.

Rena menambahkan karena sekarang ada perubahan kebijakan baru tentang penanggulangan covid-19 maka APBDes tersebut harus dirubah dulu.

“Sesuai surat edaran (SE) nomor 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan penegasan PKTD. dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) bahwa di tiap Desa harus membentuk relawan desa lawan covid-19, dengan pendanaan dari anggaran Dana Desa,” jelas Rena.

Rena pun menjelaskan bahwa sesuai keputusan Menteri Desa PDTT bahwa pembentukan ketua relawan harus diketuai oleh Kepala Desa.

“Pembentukan Relawan Desa Lawan COVID-19 dengan struktur dan tugas diketuai Kepala Desa dengan wakilnya ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Untuk anggotanya meliputi perangkat desa, anggota BPD, kepala dusun atau yang setara, ketua RW, ketua RT, pendamping lokal desa, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), pendamping Desa Sehat, pendamping Iainnya yang berdomisili di desa, bidan desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, karang taruna, PKK, lader penggerak masyarakat desa (KPMD),” pungkas Rena.

Diakhir kegiatan, terpantau wartawan Fakta & Realita, Forkompincam Karangpawitan setelah mengikuti acara Musdes, selepas shalat Jum’at, langsung melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan di Masjid Babusalam, kampung Padasuka RT02/RW11, Desa Situsaeur, Kecamatan Karangpawitan, Garut. (Wita)

No More Posts Available.

No more pages to load.