Dampak Covid-19, Tradisi Nyekar di TPU Cinehel dan Cienteung Kota Tasikmalaya Tak Seramai Tahun Lalu

oleh -16 Dilihat

Kota Tasikmalaya, faktadanrealita.com

Sejak hari pertama perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H hingga hari ini selasa, 26 Mei 2020, beberapa tempat pemakaman umum (TPU) yang ada di Kota Tasikamalaya seperti TPU Cinehel Jl. Bobojong Kelurahan Panyingkiran Kecamatan Indihiang dan TPU Cienteung Kelurahan Bantarsari serta TPU lainnya, tampak sepi dan tak semeriah tahun – tahun sebelumnya.

” Penyebabnya tak lain karena faktor wabah covid-19 termasuk jumlah pemudik yang sedikit karena tak bisa pulang ke kampung halaman dan kondisi ini kontras sekali perbandingannya dengan kondisi tahun – tahun sebelumnya”, demikian kata Handi, warga Panyingkiran yang kesehariannya bertugas merawat dan membersihkan TPU Cinehel Kota Tasikmalaya.


Hal senada pun dikatakan oleh Asep, warga disekitar TPU Cienteung. Menurutnya, lonjakan peziarah yang memadati TPU Cienteung biasanya terjadi pada perayaan idul fitri pertama hingga memasuki hari ke tujuh pun masih dipadati peziarah. Tapi untuk tahun ini, perbandingannya sangat jauh sekali”, ujarnya.

Untuk di TPU Cinehel sendiri, pemandangan di hari pertama Idul Fitri setiap tahunnya selalu dipadati peziarah hingga berdesak-desakan karena jumlah pedagang pun banyak, namun untuk tahun ini jalan menuju TPU Cinehel hingga 100 meter sebelum pintu gerbang pun terpantau lengang.***

Reporter Liputan : Irfans Hasanudin

No More Posts Available.

No more pages to load.