Bupati Rudy Tinjau Lahan Perluasan Pemakaman Milik Pemda di Pasir Pogor Garut

oleh -3 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

BUPATI Garut H. Rudy Gunawan, SH, MH, Mp, meninjau lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pasirpogor di Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut kota, Senin (26/10/2020).

Pada kegiatan kali ini, Bupati didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Uu Saepudin, Camat Garut Kota, Teten Sundara dan unsur Forkopimcam Garut Kota dan Lurah Paminggir, Asep Ridwan.

Sebelumnya pada 2019 lalu, diketahui TPU seluas 2 hektar tersebut telah dibeli dan disertifikatkan atas nama Pemkab Garut senilai Rp 3,2 M dari warga setempat.

“Lahan seluas 2 hektare ini untuk mem-backup pemakaman di wilayah perkotaan,” ucap Rudy.

Dengan diperluasnya TPU ini, bisa menampung sebanyak 10.000 makam. Selain di TPU Pasirpogor, Pemkab Garut juga telah membeli lahan yang sama untuk pemakaman di wilayah Sukadana, Kecamatan Garut Kota. Semua itu dilakukan pemerintah daerah atas dasar kebutuhan yang mendesak, akibat lokasi yang menyebar dan sulitnya lahan pemakaman di perkotaan.

“Untuk di perkotaan membutuhkan lima hektar makam yang ada di Kecamatan Garut Kota. Kita akan membeli sekitar 10 Hektare lahan pemakaman khusus untuk warga nanti di Tahun 2022 mendatang,” imbuh Bupati.

Ia menyebut, nantinya lahan pemakaman ini akan dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup dan lahan pemakamannya bukan untuk pemakaman Covid-19.

“Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati Garut yang telah mendukung program dari kelurahan kami, dimana banyak warga yang meminta untuk pemakaman di wilayah perkotaan. Mudah mudahan menjadi bisa cepat di gunakan kedepannya,” ungkap Lurah Paminggir, Asep Ridwan.

Menurut Asep, Makam Pasirpogor adalah tanah wakaf yang dinilainya  sudah padat. Untuk itu pihak kelurahan meminta pemkab untuk dibuatkan menjadi tanah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Garut.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.