8 Mei 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Bersamaan dengan Peresmian Gedung Command Center Garut, Bupati Launching Aplikasi Layanan Smart City dan Videotron

Garut, faktadanrealita.com-

Bupati Garut H. Rudy Gunawan meresmikan Gedung Command Center Garut bantuan Provinsi Jawa Barat tahun 2019, Launching Aplikasi Layanan Smart City Garut, dan Videotron, yang berlangsung di Gedung Pendopo, Jalan Kabupaten No.22 Garut, Selasa (31/12/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Garut H. Helmi Budiman, Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah, Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Erwin Agung, Kadiskominfo Garut Muksin, CEO Antara Digital Media, Darmadi, Para kepala SKPD, Seluruh Pegawai Diskominfo Garut dan para tamu undangan.

Acara diawali dengan laporan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Muksin menyampaikan, ucapan terima kasih kepada Bupati Garut yang telah memberikan dukungan penuh atas pembangunan Gedung command center, launching aplikasi Layanan Smart City dan Videotron.

“Garut command center adalah sebuah karya yang lahir dari kesadaran tentang pentingnya mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung operasional pelayanan pemerintah yang lebih efektif,” kata Muksin.

Kadiskominfo Muksin menjelaskan, bersamaan dengan pembangunan Garut command center juga dikembangkan sebuah aplikasi penunjang operasional command center yaitu aplikasi Layanan Smart City sebuah aplikasi berbasis mobile yang menyajikan layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online, serta pemasangan videotron kerjasama CEO Antara Digital Media, yang dipasang disudut kota sebagai informasi publik masyarakat.

“Keberadaan command center, aplikasi Layanan Smart City dan layanan informasi Videotron ini telah menjadi sebuah kebutuhan vital di masa kini di mana integrasi sistem informasi sangat diperlukan oleh pemerintah Kabupaten Garut,” ungkapnya.

Dikatakan Muksin, gedung Command Center Garut adalah sebuah ruangan sebagai pusat visualisasi dan integrasi data, baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan secara bersamaan di sebuah layar lebar video wall.

“Pembangunan Command Center Garut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019 dimana pada tahun 2019 ini selain Kabupaten Garut yang telah mendapatkan banprov ini, juga terdapat Tiga kabupaten di Jawa Barat antara lain Kabupaten Cirebon, Kabupaten lndramayu dan Kabupaten Pangandaran,” jelasnya.

Sambung Muksin, Keberadaan Command Center sangat strategis karena menjadi lokasi untuk koordinasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan kabupaten dan daerah, serta sebaliknya untuk memperoleh informasi lengkap sehingga dapat mengambil keputusan strategis atas segala permasalahan yang muncul.

Baca Juga :   Upaya Bandingnya Ditolak PT, V Sang Pemeran Video Syur ini Harus Rela Jalani 3 Tahun Penjara

”Penyediaan Command Center selain untuk membantu kinerja pemerintah, juga harus dapat menghadirkan kemudahan bagi masyarakat, kemudahan itu paling tidak dalam bentuk penyediaan informasi yang lengkap dan akurat yang dibutuhkan masyarakat selama ini,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Garut H. Rudy Gunawan dalam sambutanya mengatakan, keberadaan Command Center di kabupaten Garut menjadi titik awal bagi pengembangan informasi yang baik, kemajuan teknologi akan memberikan dampak orang akan tahu kelebihan.

”Tetapi orang juga akan tahu kelemahan kita, itu pun tanpa rekayasa, dan itu harus kita sikapi bersama,” kata Bupati Garut.

Masih kata Bupati, diharapkan aplikasi ini bisa terjangkau oleh semua kecamatan, sehingga informasi terkait apapun dapat dilihat dan dibaca oleh warga masyarakat Garut.

”Saya berharap keberadaan Command Center dan Videotron yang saat ini diresmikan dapat bermanfaat dan meningkatkan kemajuan di kabupaten Garut,” harapnya.

Sementara, CEO Antara Digital Media, Darmadi mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah kabupaten Garut atas pemasangan videotron.

“Nantinya 40 persen berisikan tentang kegiatan Kabupaten Garut dan 60 persen mengenai informasi-informasi yang akan disediakan oleh Antara yang berisikan informasi dari daerah-daerah lain. Sehingga masyarakat Garut akan tahu mengenai kegiatan penyelenggaraan negara disini sekaligus tahu mengenai kondisi atau informasi dari daerah-daerah lain,” ujarnya.

Selain itu, Darmadi menuturkan pihak Antara Digital Media yang juga memiliki jaringan diberbagai daerah di Indonesia, nantinya juga akan menampilkan informasi pembangunan Garut pada videotron yang terpasang pada daerah lain tersebut.

“Dari berita yang disedikan oleh Dinas Kominfo Garut, semua informasi tentang Garut akan masuk ke Antara. Nanti Antara akan sebarkan pada jaringan kami dimana sebagian informasi dari Garut itu jika tingkatnya ingin diekspos ke nasional kita akan masukkan ke jejaring yang kita punya seperti di Aceh, Medan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan dan sebagainya,” katanya.

Hal tersebut, disampaikan Darmadi agar masyarakat di Indonesia tahu mengenai pembangunan yang ada didaerah-daerah lain.

“Sehingga perspektif rakyat baik Garut tahu tentang Indonesia, dan masyarakat Indonesia tahu dengan Garut, sehingga akan sama-sama mengetahui daerah lain yang merupakan bagian dari negara Indonesia,” ujarnya.(Wena)

Sumber: HUmas Diskominfo Garut

Bagikan :
error: Protect !!!