8 Mei 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Sempat Gagal Akibat Ketidak Hadiran Kepala dan Kabid Diskominfo, Audiensi IWO Dengan DPRD Garut Segera Digelar

Garut, Fakta dan Realita-

PASCA Audensi Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Garut dengan Komisi I DPRD Kabupaten Garut yang meminta kehadiran Kepala Dinas dan Kabid Komunikasi dan Informatika (Doskominfo) Kabupaten Garut, tidak menemukan solusi apapun karena kedua petinggi Dinas tersebut tidak dapat hadir dengan alasan sakit.

Alhasil, akibat ketidak hadiran Kadis Kominfo Muksin dan Kabid Komunikasi dan Informasi Publik Yeni Yunita dengan alasan sakit, IWO Garut pun meminta diadakan penjadwalan ulang untuk Audensi selanjutnya, dan menilai audensi saat itu dinilai tidak menyentuh substansi yang akan dipertanyakan. Sehingga Audensi pertama yang berlangsung pada Kamis (01/04/2021) lalu itu pun akhirnya dianggap batal.

Setelah audiensi yang terjadwal ulang, pihak Kominfo yang diwakili oleh Kasi Informasi Tantan Herdiansyah melakukan lobi-lobi dengan sekretaris IWO Kabupaten Garut Juhendi untuk mengambil langkah-langkah agar ada perubahan yang signifikan terkait tuntutan dari IWO yang mempertanyakan tentang tugas peran dan fungsi Dinas sebagai stakeholder dari para Jurnalis yang ada di Kabupaten Garut.

“Sehingga terjadilah pertemuan antara Diskominfo dengan Para awak media yang diwakili oleh masing-masing ketua Lembaga jurnalis, sebagai langkah yang dianggap akan menjembatani kepentingan ke dua belah pihak,” tutur Sekretaris IWO Garut Juhendi saat dikonfirmasi di Kantor nya, Griya Pamoyanan2 Blok B2 No5, Garut, Jawa Barat, Jumat (16/04).

Hal senada dikatakan Ketua IWO Kabupaten Garut Robi Taufik Akbar, Apa yang dilakukan oleh Diskominfo selama ini, tidak serta merta akan membatalkan untuk melakukan audiensi ulang dengan Komisi I DPRD Garut, karena ada beberapa point yang dinilai masih ambigu dan butuh pencerahan dari Dinas terkait.

“Hal yang paling relevan untuk dipertanyakan adalah tranparansi publik terkait penggunaan anggaran-anggaran program yang ada di Diskominfo Garut, karena dinilai selama ini belum menyentuh azas kebersamaan dan keadilan, bahkan terkesan masih tebang pilih pada pelaksanaan program yang berhubungan dengan Jurnalis,” ungkap Robi.

Meskipun kemarin ada informasi Diskominfo Garut bersama Pimpinan DPRD Garut melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purwakarta dengan agenda studi banding dan konsultasi serta sharing penanganan kemitraan dengan media, namun banyak pihak meragukan tindak lanjut dari kegiatan tersebut.

Reporter : Wa’Oded | Editor : Red_FR

Bagikan :
error: Protect !!!