9 Maret 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Wakil Bupati Garut: Tahun ini Pembebasan Lahan Tol Cigatas wilayah Garut Dimulai

Garut, Fakta dan Realita-

PROYEK pembangunan Jalan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) Jawa Barat yang terbentang hingga Cilacap, Jawa Tengah saat ini tengah memasuki tahap pembebasan lahan. Khusus untuk jalur lintasan kabupaten Garut, ada tujuh kecamatan yang lahannya akan dibebaskan mulai tahun ini. Diharapkan akhir 2021 ini bisa selesai karena target pengerjaan akan dilaksanakan di tahun 2022.

“Proyek tol ini, pembebasan tanahnya akan dimulai tahun ini hingga 2021, lalupembangunannya akan dimulai tahun 2022,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat dimintai tim Fakta dan Realita, Kamis(23/07/3020).

Ia menuturkan, pembangunan jalan tol dari Kabupaten Bandung menuju Tasikmalaya itu merupakan proyek pemerintah pusat untuk mempermudah akses jalan agar lebih cepat dan aman.

Pemkab Garut, lanjut dia, mendapatkan informasi bahwa proyek besar itu akan  membebaskan tanah di tujuh kecamatan yakni Kecamatan Kadungora, Leles, Leuwigoong, Banyuresmi, Karangpawitan, Garut Kota dan Cilawu.

Baca Juga :   Kabid SD Disdik Garut Upayakan Pembelajaran Tingkat SD Berjalan Lancar

“Untuk kepentingan proyek jalan tol ini, untuk kabupaten Garut akan dilakukan pembebasan lahan di tujuh kecamatan,” katanya.

Ia menyebutkan, panjang jalan untuk jalan tol wilayah Garut sekitar 37,25 kilometer dan lahan yang dibutuhkan kurang lebih 475,63 hektare atau 3.544 bidang tanah di tujuh kecamatan.

Rencananya, kata dia, khusus Garut akan dibuat dua gerbang tol yakni di Kecamatan Banyuresmi dan Kecamatan Cilawu berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya.

“Untuk gerbang tolnya ada dua di Garut, kalau daerah lain hanya satu, itu tentunya bagus untuk sebaran potensi ekonomi daerah Garut,” katanya.

Ia menambahkan, jalan tol tersebut akan memudahkan akses ke tempat-tempat wisata yang ada di Garut, dan juga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan  masyarakat masyarakat.

“Keberadaan tol ini nantinya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Garut,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

Bagikan :
error: Protect !!!