UPT SOR Kerkoff Garut Berkolaborasi dengan Satpol PP dan DLHKP Bersihkan Kerkoff dari Sampah

oleh -2 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

DALAM rangka kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar khususnya di wilayah seputar Kerkoff, UPT SOR Kerkoff kabupaten Garut mengelar kegiatan “Jumat Bersih” bersama dengan Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP), Jum’at (07/08/2020) pagi.

Kepala UPT SOR Kerkoff Garut, Endang Rustandi mengatakan kegiatan ini sebetulnya sudah menjadi rutinitas keseharian para personilnya selama ini, dan pada kegiatan kebersihan hari ini, kita berkolaborasi dengan pihak Satpol PP kabupaten Garut melalui Kabid Penegakan, serta dibantu dengan armada truk pengangkut sampah dari Dinas LHKP Garut.

“Jadi kegiatan Jumsih (Jum’at Bersih) hari ini kita bersihkan semua tumpukan sampah dan sisa-sisa pembongkaran kios ilegal yang berada diluar SOR Kerkoff. Lalu kita benahi agar lebih enak dipandang mata,” kata Endang.

Foto : Kepala UPT SOR Kerkoff, Endang Rustandi Saat Memimpin Kegiatan Jumsih di Seputar Kerkoff Garut.

Endang menuturkan, kebersihan bagian luar Kerkoff sangatlah penting dilakukan agar para pengunjung nyaman dan tertarik untuk masuk kedalam Kerkoff sehingga nantinya diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tiket masuk yang dikenakan.

“Makanya kita juga rutin menata bagian dalam SOR Kerkoff. Kita tata dan bersihkan mulai dari rumput lapangan, lintasan lari, tempat berjualan sampai fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Pokoknya semua kita atur dan rawat sedemikian rupa agar pengunjung yang datang lebih nyaman dan betah,” ujar Kepala UPT yang baru menjabat Selama 5 bulan ini.

Endang menambahkan, dimasa New Normal Pandemi Covid-19 ini, kita juga memberlakukan protokol kesehatan kepada seluruh pengunjung SOR  Kerkoff. Kita telah menyediakan fasilitas cuci tangan di semua pintu masuk Kerkoff.

Foto : Kegiatan Jumsih gabungan yang dilakukan oleh kolaborasi tiga dinas terkait.

“Semua pengunjung sebelum masuk ke dalam Kerkoff, kita wajibkan untuk memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan terlebih dahulu. Dan sejauh ini mereka mau mentaati aturan ini, namun ada juga sebagian yang masih bandel, mereka itu saat di pintu masuk mengenakan masker namun setelah didalam maskernya dilepaskan, buktinya saat sore hari ketika pengunjung Kerkoff mulai sepi, selalu saja ada masker yang berserakan, besar kemungkinan sengaja dibuang begitu saja oleh pemiliknya,” ungkap Endang.

Untuk itu, Endang berharap  kepada para pengunjung SOR Kerkoff untuk bisa lebih memperhatikan tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dan juga mematuhi aturan-aturan protokol kesehatan yang kita terapkan. Termasuk jangan membuang sampah sembarangan seperti halnya banyak masker bekas yang sengaja dibuang tadi.

Terakhir, Ia juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya khususnya kepada Kepala Bidang Penegakan Satpol PP yang telah mau membantu dalam kegiatan Jumat bersih ini, tak lupa juga kepada Kabid Kebersihan Dinas LHKP yang juga telah membantu dalam segi armadanya.

Foto : Kepala Bidang Penegakan Satpol PP, Bambang Riswandi saat Kegiatan Jumsih Seputar Kerkoff Garut.

Sementara itu Kabid Penegakan Satpol PP Bambang Riswandi mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kerjasama Satpol PP dengan UPT SOR Kerkoff  denga tijuan untuk menjaga kebersihan lingkungan wilayah seputar Kerkoff.

“Hari ini jadwal kita sebetulnya melakukan kegiatan olah raga di SOR Kerkoff, namun sesuai instruksi atasan bahwa ada yang lebih penting untuk dilakukan yakni pelaksanaan Jumsih sekarang ini, makanya kita bahu-membahu bersama rengrengan UPT SOR Kerkoff melaksanakan kegiatan bersih-bersih ini, ” katanya.

Bambang menilai, kegiatan semacam ini perlu digalakkan kedepannya, selain menjadi ajang silaturahmi, dalam hal pengerjaannya pun menjadi lebih mudah karena dilakukan dengan cara bergotong-royong.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai oleh UPT Kerkoff ini, beliau (Kepalla UPT Kerkoff) memang sosok pekerja keras. Bisa dilihat sejak SOR Kerkoff di bawah kepemimpinannya banyak sekali kemajuan yang terlihat. Baik itu dari segi kebersihan, ketertiban dan juga kenyamanannya, semuanya kian terasa,” puji Bambang.

Reporter : WH | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.