11 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Setelah Diresmikan Bupati Garut, Gedung Baru Bank bjb KCP Kadungora Siap Beroperasi

Garut, faktadanrealita.com

Ditandai dengan acara Penandatanganan Prasasti oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP, Rabu (22/01/2020),  Kantor Cabang Pembantu Bank Jabar Banten (bjb) Kadungora di Jalan Raya Kadungora, Kabupaten Garut, resmi dibuka dan siap dioperasikan.

Dalam peresmian tersebut,  hadir Pimpinan bank bjb Kantor Cabang Garut, Kapolsek Kadungora, Danramil Kadungora, Camat Kadungora, dan para tamu undangan lainnya

Pimpinan bank bjb Kantor Cabang Garut, Maman Rukmana mengatakan,  pertimbangan melakukan relokasi gedung KCP Kadungora dari gedung lama  ke gedung yang baru ini yaitu dalam upaya untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada para nasabah.

“Seiring bertambahnya jumlah nasabah, transaksi, jenis layanan dan tantangan bisnis saat ini,  maka tak bisa dipungkiri, selain SDM,  tentunya diperlukan sarana dan prasarana yang memadai,  pembangunan  gedung baru yang lebih luas, representatif dan modern menjadi sebuah solusi bagi kenyamanan para nasabah,” ucap Maman.

Lanjut Maman, KCP Kadungora ini menjadi bagian dari jaringan layanan bank bjb di Kabupaten Garut yang terdiri dari 21 jaringan kantor dimana kantor terjauh berada di Cisewu, Pamengpeuk dan Bungbulang.

Khusus untuk jaringan ATM, kata Maman, saat ini di Kabupaten Garut terdapat 40 Jaringan ATM bank bjb, ditambah juga kemitraan 3 outlet Samsat, 5 agen laku pandai dan 20 Bumdes yang telah realtime online dapat melakukan transaksi pembayaran melalui sistem bank bjb.

Baca Juga :   Ribuan Peserta Jalan Sehat Banjiri Kampus STIE Yasa Anggana Garut

Dikatakan Maman, aset KCP Kadungora saat ini sebesar 160 milyar atau 6% dari total keseluruhan aset bank bjb Garut.

“Meliputi total penyaluran kredit 150 milyar dan total Data Pihak Ketiga (DPK) 67 milyar. Ditambah lagi penyaluran kredit usaha mikro dan kecil sebesar 12 milyar atau 10% dari total Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Cabang Garut, yang mana sebagian besar disalurkan ke sektor usaha perdagangan eceran, Industri Kecil Menengah (IKM) olahan makanan, produksi tas, dan pertanian padi, tembakau dan kopi,” ungkap Maman.

Selain itu, terang Maman, saat ini bank bjb memiliki skim kredit unggulan yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kredit bjb Mesra dalam upaya membantu pemberdayaan pelaku usaha kecil dan pengembangan ekonomi masyarakat.

Ditambahkan Maman, KCP Kadungora juga turut berperan aktif dalam memfasilitasi implementasi program nasional Transaksi Non Tunai sebagaimana Inpres Nomor 10/2016 dan Surat Edaran Mendagri.

“Tentunya semua itu dalam rangka peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah melalui eletronifikasi system transaksi pembayaran baik untuk optimalisasi penerimaan daerah dengan mempermudah dan memperbanyak akses pembayaran PBB, BPHTB Online, mesin Tapping, E- Retribusi maupun untuk efektvitas pengeluaran daerah seperti payroll system, non tunai melalui IBC,” pungkas Maman.(Dedi Oded)

Bagikan :
error: Protect !!!