Puncak Acara Hari Jadi Garut Ke-208 di Alun-Alun Garut Berlangsung Kidmat

oleh -2 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

PUNCAK acara peringatan Hari Jadi Garut (HJG) Ke-208 berlangsung di Alun-alun Garut, kecamatan Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Selasa (16/02/2021).

Pada Peringatan HJG tahun ini, tampak  berbeda dari peringatan-peringatan HJG sebelumnya, yang mana jumlah peserta yang hadir pada upacara tahun ini sengaja dibatasi pihak panitia guna menghindari kerumunan dalam upaya penerapan protokol kesehatan 3M.

Terpantau Media Fakta dan Realita, meski upacara peringatan HJG yang setiap tahun selalu dilaksanakan pada tanggal 16 Februari ini terkesan sederhana, yang hanya dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tamu undangan, namun jalannya acara terlihat berlangsung khidmat.

Bupati Garut, H. Rudy Gunawan SH, MH, MP ditemui usai upacara HJG Ke-208 menyebutkan, pelaksanaan HJG kali ini untuk pertama kalinya di masa Covid-19, yang mana pemerintah kabupaten Garut memiliki 4 hal pokok yang akan menjadi prioritas utama pembangunan.

“Pembangunan harus tetap berjalan meskipun, tahun ini kita ada pengurangan anggaran dana transfer yang cukup signifikan yaitu sebesar Rp250 Milyar. Namun disisi lain kita pun diwajibkan untuk mengadakan pemulihan ekonomi, tak terkecuali dengan penanganan 3M guna mencegah penyebaran Covid-19,” kata Bupati.

Dikatakan Bupati Rudy, tahun ini juga kita harus menyiapkan Vaksinasi yang tentunya memerlukan anggaran yang cukup besar pula. Untuk vaksinasi ini, lanjut Bupati, tahap pertama dilakukan terhadap Nakes (Tenaga Kesehatan) yang akan berakhir pada 28 Februari 2021.

“Di awal Maret 2021 ini, kita akan laksanakan Vaksinasi untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI-Polri dan Para Pedagang Pasar, yang jumlahnya kurang lebih mencapai 100 ribu orang,” jelasnya.

Bupati juga menyebut, khusus untuk pelaksanaan vaksinasi wartawan dan masyarakat tentunya akan menyusul kemudian.

Lanjut Bupati, di momen Hari Jadi Garut ini, kabupaten Garut juga dihadapkan pada permasalahan bencana alam yang harus tetap ditangani walau kondisi keuangan kita saat ini dalam keadaan tertekan.

“Tapi Insya Alloh, Meski kondisi kita dalam keadaan tertekan, kita tetap memberikan pelayanan dasar. Ada 9 kecamatan yang akan kita bangun sebagai langkah untuk memberikan dan meningkatkan pelayan publik yang baik,” ungkap Bupati Garut.

Selain itu, kata Bupati, kita juga akan menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan jalan-jalan Poros, jalan-jalan kabupaten di wilayah selatan yang rusak dan juga penyelesaian Jalan Lingkar Cipanas.

“Kita juga akan menyelesaikan proyek yang menjadi kebanggaan Garut yakni Aquatic dan GOR Ciateul tahap pertama,” imbuhnya.

Khusus untuk kedua Proyek tersebut, Bupati saat ditanyakan soal seberapa besar keyakinan terhadap rampungnya proyek itu, Bupati dengan tegas menjawab, “saya optimis dan yakin proyek-proyek tersebut bisa selesai tahun ini, asalkan pemborongnya ‘bener’,” pungkasnya tegas.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Garut, H. Nurdin Yana, ditemui usai mengikuti kegiatan Rapat Paripurna DPRD Garut Masa Sidang I Tahun Sidang 2021 Dalam Rangka Hari Jadi Garut Ke-208 mengatakan, momen HJG tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pada peringatan tahun ini kita dihadapkan pada pandemi Covid-19. Menurutnya, ada dua sisi yang harus tetap dilaksanakan saat ini, yakni terkait soal penanganan masalah Covid-19 dan meneruskan pembangunan Garut menyeluruh.

“Untuk penanganan Covid-19 ini, tentunya akan terus berlanjut, termasuk pelaksanaan vaksinasi kepada semua warga Garut yang dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Sedangkan untuk pembangunan, kata Nurdin, tentunya akan tetap berjalan walau berdasarkan atas skala prioritas, “untuk lebih jelasnya, kewenangannya ada pada ranah Bapak Bupati Garut,” pungkasnya singkat.

Reporter : WH/Nopiki| Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.