PPDB SMP Sistem Online di Bireuen Berlangsung Sukses

Berita Utama303 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bireuen, Fakta dan Realita-

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMP di kabupaten Bireuen tahun 2021 berbeda dibandingkan tahun 2020. Di tahun 2021 siswa yang ingin melanjutkan ke SMP harus melalui sistem online dan diberlakukannya jalur zonasi. Ketentuan tersebut mulai diberlakukan di Bireuen sejak tanggal 20 Mei hingga 3 Juni 2021.

Berdasarkan pantauan Media Fakta dan Realita ke SMP Negeri 1 Bireuen, Kamis (20/05/2021) kemarin, pihak sekolah tampak harus melibatkan beberapa orang operator untuk menerima berkas siswa yang sudah terdaftar secara online. Bahkan, mereka agak sedikit kewalahan menghadapi peminat yang cukup banyak. Selain itu, mereka juga harus menerima siswa yang mendaftar melalui jalur zonasi, yang tentunya harus disesuaikan dengan jumlah kuota dan aturan yang ada.

Masih dalam pantauan media ini, Kepala Sekolah SMPN 1 Bireuen, Ibrahim Harun terlihat juga turut mengawasi langsung proses penerimaan berkas siswa, meski resikonya beliau harus bertatap langsung dengan orangtua siswa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Bireuen, Drs M Nasir, MPd melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP, Zamzami S.Pd, mengatakan, penerimaan siswa baru untuk jenjang SD dan SMP untuk tahun ini menggunakan sistem online dan ada jalur zonasi.

“Ketentuan daya tampung untuk jalur Zonasi atau wilayah ditentukan sebesar 80 persen dari total keseluruhan daya tampung tiap sekolah. Sedangkan untuk jalur Afirmasi sebesar 15 persen dan jalur Perpindahan Orangtua 5 persen,” terang Zamzami S.Pd

Lanjutnya, kepada orangtua siswa yang ingin mendaftarkan anaknya langsung datang ke sekolah yang dituju untuk melihat persyaratan dan daftar online link http://ppdbsd.disdikbir.sch.id/, isi formulir secara online, dan mengupload berkas.

Inline Related Posts  Sebanyak 90 Guru Ngaji Terima Insentif dari Kepala Desa Tanjungsari

“Terkait syarat dan ketentuan pendaftaran secara online, jalur zonasi dan jalur arfimasi, lebih jelasnya pihak orangtua siswa diharapkan bisa langsung datang ke sekolah, karena nanti pihak panitia PPDB akan menjelaskannya secara terperinci,” ujar Zamzami S.Pd.

Terakhir, kata Zamzami S.Pd, dengan adanya sistem jalur zonasi ini, nantinya diharapkan akan terjadi pemerataan siswa di tiap sekolah, “yang dulunya kekurangan siswa, kini kondisi itu takkan terjadi lagi, sehingga tidak menyebabkan  sekolah tutup,” pungkas Zamzami S.Pd.

Reporter : Hendra G| Editor : Red_FR

()