Pohon Beringin Tua Setinggi 7 Meter di Kawasan RS-AD Guntur Garut tiba-tiba Ambruk

oleh -4 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

POHON beringin berusia puluhan tahun setinggi 7 meter dan lebar 2 meter yang berada di samping pintu keluar Rumah Sakit Angkatan Darat (RS-AD) Guntur Garut, Jalan Bratayudha RW 27 kelurahan Kota Kulon, kecamatan Garut Kota, tiba-tiba ambruk begitu saja menimpa tiang dan kabel listrik, Plang Nama Dokter Spesialis, pagar halaman rumah sakit dan sebagian Jalan Bratayudha. Beruntung saat kejadian tidak orang dibawahnya, hingga tak sampai menyebabkan korban.

Kejadian ambruknya pohon beringin  yang berlangsung cepat ini, sontak membuat orang-orang di sekitar lokasi kejadian menjadi kaget bukan kepalang.

“Ya kejadiannya sekitar pukul 22.30 WIB tadi, pohon beringin itu langsung ambruk begitu saja, sebelumnya tidak ada tanda-tanda pohon itu akan ambruk,” ujar Koptu Enceng Cahyana Paktir Situud Denkesyah 03.04.02 Garut, seorang TNI yang saat itu sedang melaksanakan tugas  piket, Minggu (25/10/2020) malam.

Menurut Enceng, saat pohon beringin itu ambruk, ia kebetulan tengah berkeliling mengadakan pengontrolan rutin disekitar halaman depan RS-AD Guntur, tak jauh dari lokasi pohon tersebut.

“Saya sedang melakukan tugas, tiba-tiba terdengar bunyi keras ‘brakkk blugg’, spontan saya melihat ternyata pohon beringin yang berada di dekat pintu keluar telah tumbang,” ujar Enceng.

Lanjutnya, ambruknya pohon beringin kemungkinan besar terjadi akibat usia pohon yang sudah tua, yakni berpuluh-puluh tahun. Makanya, pohon beringin ini tumbang dari akarnya, akarnya terlihat sudah begitu rapuh.

“Tak ada hubungan yang pasti dengan gempa yang terjadi tadi siang, pohon tumbang secara tiba-tiba, yang jelas akar pohon beringin itu sudah rapuh sehingga tak kuasa menahan beban badan pohon yang begitu besar,” ujarnya.

Dikatakan Enceng, begitu pohon tumbang terjadi, dirinya sejak tadi malam telah langsung melaporkan kejadian ini kepada pihak atasannya. Upaya-upaya pun telah dilakukannya, termasuk  berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait, seperti dengan pihak Polsek Garut Kota, pihak PLN dan pihak Dinas Lingkungan Hidup KP, serta dengan berbagai pihak di sekitar lokasi kejadian.

“Pagi ini semua pihak yang telah kita hubungi terutama pihak PLN dan Dinas Lingkungan Hidup KP akan datang untuk  mengevakuasi dan memperbaiki segala kerusakan yang ditimbulkan oleh pohon tumbang tersebut,” pungkasnya.

Sampai berita ini diturunkan, sebagian dahan dari pohon tumbang tersebut, terutama yang menjorok ke jalan raya sedikit demi sedikit telah dipangkas, pihak RS-AD Guntur diketahui sedang menunggu pihak PLN dan Dinas LHKP yang masih dalam perjalanan menuju lokasi. Jumlah kerugian materi dari dampak kejadian ini, juga belum ada laporan secara pasti.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.