PLN Berikan Kemudahan dalam Pelayanan, Masyarakat Bisa Lapor Meter Mandiri Melalui Aplikasi WhatsApp

Berita Utama863 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Cikarang, faktadanrealita.com-

PLN Unit Pelayanan 3 Cikarang mengimbau para pelanggan memanfaatkan layanan Baca Meter Mandiri. Layanan ini disediakan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan dibatasinya pencatatan kWh meter oleh petugas yang langsung datang ke lokasi.
Pelanggan diharapkan dapat memanfaatkan layanan Baca Meter Mandiri yang disediakan oleh PLN agar perhitungan tagihan pemakaian listrik pelanggan setiap bulan tercatat secara akurat.

“Ini adalah bagian dari upaya physical distancing yang kami lakukan, mengurangi interaksi langsung antara petugas dengan pelanggan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid -19,” kata Manager PLN UP3 Cikarang Ahmad Syauki, Senin 27 April 2020.

Syauki melanjutkan, pelanggan bisa melakukan Baca Meter Mandiri pada tanggal yang telah ditentukan PLN dan paling lambat H+1 sejak tanggal yang telah ditentukan tersebut.

Apabila pelanggan tidak melakukan Baca Meter Mandiri pada periode tanggal tersebut, maka PLN akan melakukan perhitungan tagihan pemakaian listrik pelanggan untuk bulan berjalan berdasarkan rata-rata pemakaian listrik selama tiga bulan terakhir.

“PLN akan melakukan pemeriksaan fisik kWh meter setiap tiga bulan sekali di lokasi pelanggan untuk pencocokan data Baca Meter Mandiri dengan angka faktual kWh meter. Apabila dalam pelaksanaan pemeriksaan fisik ditemukan perbedaan antara data Baca Meter Mandiri dengan angka faktual kWh meter, maka PLN berhak melakukan penyesuaian tagihan listrik pelanggan sesuai angka faktual kWh meter,” kata dia.

Syauki mengungkapkan, PLN pun saat ini telah mempermudah layanan salah satunya menyiapkan nomor WhatsApp untuk Lapor Meter Mandiri. Pelanggan pascabayar dapat mengirimkan angka stan kWh meter melalui layanan WhatsApp terpusat PLN dengan cara menyiapkan nomor kWh meter dan foto stan meter.

“Foto stan meter kemudian kirimkan melalui whatsapp ke nomor 08122 123 123. Lalu ketik angka 2 untuk lapor pemakaian pascabayar. Selanjutnya ikuti langkah-langkah yang ada dalam whatsapp,”ucapnya.

Inline Related Posts  Pemerintah Akan Tutup Arus Transportasi ke Luar Jakarta, Teknis Penutupannya Tengah Dibahas

Pelaporan angka stan meter dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses pelaporan mandiri melalui whatsApp. Laporan dari pelanggan tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya

“Jadi di akhir bulan April ini pelanggan akan melaporkan untuk rekening tagihan bulan Mei. Demikian juga pada akhir Mei nanti, kami mohon pelanggan dapat mengirimkan kembali angka stan meter untuk dasar perhitungan tagihan bulan Juni,” imbuh Syauki.

Ia mengatakan, untuk pelanggan yang tidak melaporkan angka kWh meter, dasar perhitungan tagihan listrik akan menggunakan perhitungan rata-rata pemakaian listrik selama tiga bulan terakhir.

“Jadi pelanggan yang tidak bisa melaporkan, tidak perlu khawatir.” kata dia.

Lebih lanjut Syauki mengatakan, jika ada pengaduan atau keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter dan perhitungan rekening, akan diperhitungkan pada rekening bulan depan, sehingga pelanggan tetap tidak akan dirugikan.

“Pengaduan bisa langsung disampaikan ke contact center PLN 123,” ujar dia.

Reporter : WH | Editor : Red_FR