Peringati HUT RI ke-75 BSPN DPC PDI Perjuangan Garut Gelar Kegiatan Donor Darah

oleh

Garut, Fakta dan Realita-

DALAM rangka memperingati HUT RI ke-75, Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDI Perjuangan kabupaten Garut menggelar kegiatan donor darah dengan tema “Jadilah Pahlawan Kemanusiaan, Setetes Darah yang Kita Sumbangkan menjadi Harapan Saudara Kita”. Acara bakti sosial ini berlangsung di kantor DPC PDIP Garut, Jalan Merdeka No.123, kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat, Sabtu (15/08/2020).

Hadir pada pelaksanaan kegiatan ini, Ketua DPC PDIP Garut, Yudha Puja Turnawan, Ketua BSPN PDIP Garut, Mugi Satria, SE, TIM kesehatan PMI, dan para anggota PDIP se-kabupaten Garut.

Ketua BSPN DPC PDIP Garut, Mugi Satria, SE yang juga bertindak sebagai Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan donor darah ini selain dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan RI ke-75, juga sebagai bentuk dari kepedulian PDIP Garut dalam mengatasi permasalahan minimnya persediaan stock darah kabupaten Garut pada masa Covid-19 sekarang ini.

Foto: Ketua BSPN DPC PDI Perjuangan Garut, Mugi Satria, SE.

“Alhamdulillah antusiasme seluruh kader PDIP kabupaten Garut terhadap kegiatan donor darah ini sangat tinggi. Mereka sengaja menyempatkan diri datang ke acara ini. Selain dari wilayah perkotaan tadi ada yang dari Cibatu, Garut selatan dan wilayah pelosok lainnya. Pak Yudha sendiri pun sebagai Ketua DPC PDIP Garut ikut menyumbangkan darahnya,” katanya.

Menurutnya, kita telah berkordinasi dengan pihak PMI kabupaten Garut, nantinya seluruh darah yang terkumpul di kegiatan ini akan kita sumbangkan kepada PMI Garut untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ia berharap, dengan kegiatan donor darah ini permasalahan kekurangan darah khususnya untuk persediaan darah di PMI Garut dapat segera teratasi dan secepatnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkannya.

Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Garut, yudha Puja Turnawan (kedua dari kanan) sedang memegang kantong darah, usai mendonorkan darahnya.

Senada dengan Mugi, Ketua DPC PDIP Garut, Yudha Puja Turnawan, yang juga turut berpartisipasi mendonorkan darahnya, kepada para awak media mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar PDIP karena melihat kondisi persediaan darah PMI kabupaten Garut saat ini sedang dalam situasi yang sangat kritis dan selalu kekurangan. Stock kantong darah kabupaten Garut rata-rata untuk perbulannya hanya dibawah 1.000 labu. Sedangkan kebutuhan ideal darah untuk setiap bulannya mencapai 1600 kantong darah.

“Makanya stock darah perbulannya masih minus, untuk itu PDIP Garut melalui BSPN berinisiatif mengadakan kegiatan donor darah guna mengatasinya. Tadi banyak warga sekitar yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, ada dari wartawan, organisasi kepemudaan, kemudian satgas PDIP, Para Relawan dan juga para kader dari berbagai PAC PDIP pun banyak yang hadir mendonorkan darahnya. Mudah-mudahan hari ini kita banyak mendapatkan stock labu darah,” ungkap Yudha.

Ia menerangkan, sampai sekarang  minimnya persediaan darah di kabupaten Garut terus saja terjadi. Padahal di Garut sendiri, keperluan darah untuk penderita Thalasemia mencapai 286 kantong darah setiap bulannya, maka dari itu perlu adanya perhatian khusus dan kesadaran dari semua pihak untuk mengatasi hal ini.

Yudha berharap, pada peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-75 ini bisa dijadikan momentum oleh seluruh warga Garut khususnya dalam meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya terhadap sesamanya. , “Jika semua kompak dan serius, saya yakin persedian darah kita akan tercukupi, dan masalah darah ini dapat segera teratasi,” pungkasnya.

Reporter: WH/ Hadi| Editor: Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.