Peduli Lingkungan, MTs Negeri 3 Garut Dianugrahi Penghargaan Raksa Prasada 2020 oleh Gubernur Jabar

oleh -4 Dilihat

Bandung, Fakta dan Realita-

GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memberikan penghargaan bidang lingkungan hidup Raksa Prasada 2020 kepada kabupaten/kota di Jabar yang peduli lingkungan hidup sekolah, sekolah berbudaya lingkungan atau Adiwiyata, dan Program Kampung Iklim (ProKlim) Utama Kabupaten/Kota.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kang Emil -sapaan Ridwan Kamil- kepada perwakilan penerima penghargaan dengan menerapkan protokol kesehatan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (8/12/2020).

Salah satu penghargaan di antaranya diraih Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Garut untuk Kategori Sekolah Berbudaya Lingkungan/Adiwiyata.

Dalam sambutannya, Kang Emil mengapresiasi sekolah di Jabar yang peduli lingkungan hidup. “Tugas terberat adalah mengubah pola pikir yang hadirnya di sekolah. Itulah pentingnya Adiwiyata ini melalui Raksa Prasada sebagai payung dari semua penghargaan tentang pentingnya pendidikan lingkungan kepada masyarakat. Jadi saya sangat mengapresiasi,” kata Kang Emil dalam rilisnya.

Kang Emil mengajak semua sekolah di Jabar yang masih dinilai kurang baik dalam pengelolaan lingkungan untuk menjadi lebih baik. Ia pun meminta Dinas Pendidikan (Disdik) terkait untuk mengirim surat peringatan kepada sekolah yang kurang peduli terhadap lingkungan.

“Jadi yang baik diumumkan, yang kurang baik juga harus disurati diingatkan supaya ada motivasi atau ada sanksi administratif,” ucapnya.

Kang Emil berharap, jumlah penerima penghargaan sekolah terbaik lingkungan pada tahun depan bertambah. “Tahun depan saya minta jumlah penerima harus meningkat. Diberi reward dan punishment supaya ada rasa semangat dan terus jadikan lingkungan hidup sebagai simbol keberhasilan Jabar dalam menjaga keseimbangan,” katanya.

Sementara itu Kepala MTsN 3 Garut, Sudi Priambodo, Rabu (9/12/2020), dalam rilis menyatakan rasa syukurnya atas raihan prestasi yang diraih sekolahnya. “Tiada kata yang paling tepat kecuali kami harus banyak-banyak bersyukur kehadirat Alloh SWT, atas penganugerahan Raksa Prasada 2020 dari Bapak Gubernur Jabar ini, merupakan anugerah terindah di akhir tahun 2020 ini,” ucapnya.

Pihaknya juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Gubernur Jawa Barat yang telah memberikan penghargaan Madrasah Adiwiyata kepada MTs Negeri 3 Garut sebagai madrasah yang dianggap telah berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di madrasah. Selain itu ucapan terima kasih ditujukan kepada Tim Adiwiyata MTsN3 Garut, Kepala Kantor Kementerian Agama Propinsi Jawa Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Garut, Kepala Dinas LIngkungan Hidup Propinsi Jawa Barat, Kepala Dinas LIngkungan Hidup Kabupten Garut dan seluruh mitra kerja  MTsN3 Garut.

Menurut Sudi, sebagai sekolah yang berada  di daerah selatan Kabupaten Garut, tepatnya beralamat di Jalan Purwabhakti No. 57 Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, untuk menghadapi kompetisi tersebut pihaknya melakukan langkah pertama dengan melakukan perubahan mindset dan pengembangan manajemen madrasah menuju madrasah yang hebat bermartabat.

Ia menyebutkan, untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, dibutuhkan semuah tempat belajar yang nyaman, aman, sehat dan menyenangkan.

“Untuk itu merupakan sebuah keniscayaan bagi madrasah kami kecuali kami harus berbenah secara cepat dan terprogram,” tuturnya.

Melalu visi sekolahnya, yaitu : “Terwujudnya Madrasah Yang Berahklak Mulia, Berprestasi, Peduli Lingkungan dan Berwawasan Global”, untuk meraih mimpi besarnya tersebut, MTs Negeri 3 Garut melakukan langkah melalui penyusunan program tahunan, yang salah satunya adalah Program Madrasah Adiwiyata, di antaranya denganGerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah/Madrasah (PBLHS).

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.