Mengenal Lebih Dekat Sosok Pengurus Jenazah yang Berhasil Menjadi Kades di Garut.

Berita Utama772 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita 

MENDENGAR kata “Pengurus Jenazah” mungkin akan membuat sebagian orang merasa risih dan takut, pasalnya profesi ini terkadang seringkali dikait-kaitkan dengan hal-hal yang berbau gaib yang sangat menyeramkan. Bagi orang-orang tertentu mengurus jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani sampai ke pemakamannya dipandang sesuatu yang begitu sangat menakutkan.

Namun, lain halnya yang terjadi pada  Pilkades desa Situsaeur tahun 2016 yang lalu, di Kampung Panyingkiran, Desa Situsaeur, Kecamatan Karangpawitan, Garut. Kala itu, terjadi hal yang unik dan menarik dimana telah terpilih seorang Kepala Desa Baru yang notabenenya aktifitas sebelumnya sebagai seorang pengurus Jenazah.

Kades yang dimaksud itu bernama Agus Mulyadi. Agus selama menjadi Kades Situsaeur dari awal menjadi Kades tahun 2016 sampai saat ini di tahun 2021 masih  melakukan kegiatan mengurus jenazah warganya, mulai dari memandikan, mengkapani sampai memakamkan.

Saat ditanya oleh Fakta dan Realita tentang kegiatan mengurus Jenazah disaat sudah menjadi Kades, kenapa tidak berbenti dan fokus pada tugasnya sebagai Kades.

“Mengurus jenazah kan gak tiap hari, dimana ada warga atau keluarga yang meninggal baru saya bantu, untuk rutinitasnya ya bekerja lagi sebagai Kades dan melayani warga lagi, kalau untuk berhenti mengurus jenazah insya Allah akan terus dilakukan, karena dengan mengurus jenazah kita akan tahu bahwa suatu saat kita akan berada diposisi itu, diposisi hanya bisa diam, dibalut sehelai kain putih dan berdiam diruangan kecil, sempit dalam tanah,” kata Agus dengan sedikit senyum.

Agus menambahkan jika dirinya masih dipercaya warga untuk menjadi Kades kembali di Desa Situsaeur kegiatan mengurus Jenazah tetap akan dilakukannya sebagai salah satu bukti nyata pelayanan dirinya untuk warganya.

Inline Related Posts  Polisi Tangkap Pelaku Penganiayaan Nakes Puskesmas Pameungpeuk

Agus Mulyadi. Kades Situsaeur yang dikenal warganya merupakan sosok yang supel, ramah, agamis, humoris dan mudah dimintai tolong, sehingga tidak heran jika warga Desa Situsaeur begitu hormat dan akrab dengannya.

Agus Mulyadi sendiri terpilih menjadi Kades Situsaeur pada tahun pemilihan 2016 silam, selama dirinya menjadi Kades Situsaeur banyak prestasi yang ditorehnya, diataranya menjadikan Desa Situsaeur menjadi Desa Gotongroyong, menjadi Desa Percontohan posko covid-19 tingakat provinsi Jawa Barat.

Tentu keberhasilan Agus Mulyadi memimpin Desanya bukan hanya atas usahanya sendiri, tetapi atas kerjasama semua warga Desa Situsaeur, baik perangkat Desa, PKK, Kader, BPD, LPM, RT/RW, para tokoh masyarakat dan element masyrakat lainnya.

Bermodalkan pengabdian dan pengalaman menjadi Kades, Agus Mulyadi mencalonkan kembali menjadi Kades Situsaeur tahun jabatan 2021-2027. Agus berharap doa restu dari semua warga Desa Situsaeur agar apa yang menjadi cita-cita menjadikan warga masyarakat Desa situsaeur mandiri, makmur dan sejahtera bisa terealisasi.

Reporter: Asep Prawita|Editor: Red_FR

()