Ilmuwan China: Seperti Inilah Cara Penularan Virus Corona

oleh -4 Dilihat

faktadanrealita.com- Covid-19 

PARA ilmuwan tahu bahwa orang dapat menularkan pada tahap awal infeksi covid-19, tetapi seberapa menular dan berapa lama masih belum jelas.

Meskipun ada imbauan tetap di rumah saja, banyak penelitian menunjukkan bahwa orang-orang sering tertular sebelum mereka tahu bahwa mereka telah terinfeksi, membuat virus yang menyebabkan penyakit ini lebih sulit untuk dibendung.

Dalam satu penelitian baru-baru ini, para peneliti dari Tiongkok melacak 94 pasien covid-19 dan menemukan bahwa mereka melepaskan sebagian besar virus – dan kemungkinan yang paling menular – tepat sebelum atau ketika mereka mengembangkan gejala covid-19.

“Orang yang terinfeksi tanpa gejala cenderung menular seperti orang dengan gejala, seperti batuk kering, demam, dan sakit,” kata William Hanage, PhD, seorang ahli epidemiologi di Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Dalam sebuah studi baru dari The Lancet, yang melihat wabah ketika menyebar dari Wuhan ke Shenzhen, Tiongkok, para peneliti menunjukkan bahwa jarak sosial (social distancing) bekerja.

Studi ini juga menemukan bahwa lima persen dari orang yang terinfeksi memerlukan setidaknya dua pekan untuk mengembangkan gejala, itu menunjukkan bahwa mereka mungkin telah menular untuk waktu yang lama.

Penelitian menunjukkan bukti lain juga menunjukkan bahwa orang menular sebelum mereka mendapatkan gejala atau bahkan jika mereka tidak pernah mengembangkan gejala yang jelas, menurut New England Journal of Medicinestudy. Lebih dari 70 persen penduduk yang belum mendapatkan gejala melepaskan virus.

Para peneliti di Belanda menemukan pola serupa pada monyet

Dilansir dari WebMD, dalam sebuah penelitian baru-baru ini di Science, sebuah kelompok yang dipimpin oleh Barry Rockx, PhD, seorang asisten profesor di Departemen Viroscience di Erasmus University Medical Center di Belanda, menginfeksi monyet dengan dua coronavirus yang sama, termasuk yang baru, dan membandingkannya dengan data yang sudah mereka miliki sindrom pernapasan akut yang parah (SARS).

Salah satu spesies monyet yang terinfeksi virus tingkat tinggi, yang secara resmi disebut SARS-CoV-2, mulai menumpahkan virus dalam beberapa hari.

“Semua hewan mengeluarkan (virus) dari hidung dan tenggorokan sangat awal setelah inokulasi, dengan puncaknya 3-4 hari setelah infeksi. Virus itu masih dapat dideteksi hingga 2-3 minggu setelah infeksi, meskipun tidak jelas apakah monyet-monyet itu masih menular. Sepertinya tidak ada banyak virus menular,” kata Rockx.

Tidak ada hewan yang memiliki tanda-tanda klinis penyakit ini – tidak ada batuk atau demam – tetapi mereka menunjukkan jenis sakit yang sama pada paru-paru mereka yang terlihat pada orang yang memiliki virus, bahkan mereka yang tanpa gejala.

Para peneliti juga tidak yakin kapan tepatnya orang yang terinfeksi berhenti menularkan virus.

“Secara umum, kami berharap bahwa setelah gejala pasien membaik, mereka menjadi kurang menular ke orang lain,” kata Anna Sick-Samuels, MD, seorang ahli epidemiologi rumah sakit di Johns Hopkins Hospital di Baltimore.

Sulit untuk mengetahui dengan pasti kapan seseorang tidak lagi menular, karena tes diagnostik hanya dapat mengetahui apakah seseorang memiliki partikel virus dalam sistem mereka, kata Sick-Samuels.

“Pada saat ini, tidak jelas apakah mendeteksi bahan genetik virus berarti bahwa virus itu masih hidup dan menular atau jika tes itu mendeteksi sisa-sisa virus yang mati.”

Beberapa rumah sakit, termasuk Massachusetts General di Boston, memungkinkan staf mereka untuk kembali bekerja 14 hari setelah gejala berakhir dan setelah dua tes covid-19 negatif dalam 24 jam secara terpisah.

Michael Mina, MD, asisten profesor epidemiologi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, mengatakan kebanyakan orang akan memiliki tingkat virus yang tidak terdeteksi sekitar 8-10 hari setelah gejala mereka mulai. Tetapi itu bervariasi.

“Beberapa orang mungkin membersihkannya dengan cepat, dan beberapa mungkin memakan waktu lebih lama: dua minggu jika tidak tiga minggu untuk membersihkan virus,” katanya.

“Aturan praktis yang bagus untuk virus ini adalah menunggu sekitar dua minggu setelah timbulnya gejala sebelum berasumsi bahwa Anda kemungkinan besar tidak menular.”

Reporter : WH | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.