15 Juni 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Gubernur Jabar Resmikan Jembatan Gantung, Kades Sukasenang Garut Merasa Terharu

Garut, faktadanrealita.com

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan jembatan gantung yang menghubungkan dua kecamatan di Kabupaten Garut, Ahad (26/1). Kini warga tak perlu lagi memutar jalan untuk sampai ke tempat lainnya setelah jembatan itu diresmikan.

Kedatangan Emil, sapaan karib Ridwan Kamil, ke Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, itu disambut oleh warga yang sejak pagi menanti. Emil datang didampingi istrinya Atalia Prayatya, beserta jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut.

Setelah melakukan seremoni gunting pita, Emil bersama istrinya langsung mencoba melintasi jembatan itu. Di atas jembatan, pasangan itu juga sempat berswafoto bersama.

Sementara itu, satu per satu anak sekolah menghampirinya ke tengah jembatan untuk bersalaman. Sedangkan di sisi seberang, yang masuk wilayah Kelurahan Lengkongjaya, Kecamatan Karangpawitan, warga juga telah menantikan kedatangan orang nomor satu di Jabar itu.

Ia mengatakan, pembangunan jembatan itu dibangun melalui program Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa) pada 2019. Jembatan yang menghubungkan membentang di atas Sungai Cimanuk itu adalah satu di antara 23 jembatan gantung yang dibangun di Jabar melalui program Jantung Desa.

“Beberapa waktu lalu kita menyaksikan foto-foto viral, ada warga dan anak sekolah yang harus mempertaruhkan nyawa melintasi sungai demi belajar. Di sini salah satunya,” kata dia, Ahad.

Baca Juga :   What exactly is Serious Marriage? - a few Stages about what is a Significant Relationship

Sebelum adanya jembatan, untuk melintasi sungai warga sekitar mesti mengambil jalan yang jauh memutar jalan. Jika ingin cepat, mereka harus menggunakan rakit untuk menyeberang.

Menurut Emil, tak jarang rakit itu mengalami kecelakaan dan tenggelam. “Karena itu kita buatkan jembatan dengan program Jantung Desa,” kata dia.

Ia berharap, jembatan gantung itu dapat berguna untuk warga sekitar. Saat ini, warga tak perlu lagi memutar jauh untuk melintasi sungai atau bertaruh nyawa dengan menggunakan rakit demi menyebrang sungai.

Sementara itu Kepala Desa Sukasenang Banyuresmi, Iwan Ridwan mengaku terharu dan bangga serta sangat berapresiasi atas kedatangan Gubernur Jabar ke desa Sukasenang dalam rangka peresmian Jembatan Gantung penghubung dua wilayah kecamatan berbeda, yakni desa Sukasenang kecamatan Banyuresmi dengan kelurahan Lengkongjaya kecamatan Karangpawitan.

” Kedatangan pak Emil sungguh menggembirakan, masyarakat desa kelihatan antusias, ini menandakan beliau sangat dicintai warganya,” puji Iwan.

Dikatakan Iwan, dengan adanya jembatan gantung ini, warga tidak lagi harus memutar arah atau menggunakan rakit lagi untuk menyeberangi sungai, diharapkan kata Iwan, jembatan ini dapat berefek positif dalam peningkatan taraf ekonomi masyarakat.(Wena)

Bagikan :
error: Protect !!!