Camat Karangpawitan Bersama UPT PUPR Laksanakan Giat Pembersihan Saluran Gorong-Gorong Ciparay

Berita Utama212 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita- 

CAMAT Karangpawitan bersama UPT PUPR Kecamatan Karangpawitan lakukan giat pembersihan gorong-gorong, seiring masih seringnya turun hujan yang cukup deras yang mengakibatkan beberapa ruas jalan di Kecamatan Karangpawitan sering tergenang banjir, seperti salah satunya di jalan raya Ciparay depan SD Khoeriah.

Di sekitar jalan tersebut, tatkala hujan deras melanda hampir dipastikan selalu saja terjadi banjir. Makanya tak heran kalau warga pun seringkali mengeluh. Oleh karena itu Camat bersama UPT PUPR Kecamatan Karangpawitan meresponnya dengan melaksanakan giat membersihkan gorong-gorong di lokasi tersebut, Rabu (02/06/2021).

Camat Karangpawitan, Drs. Saefurohman, M.Si menyampaikan, banjir di kawasan jalan raya Ciparay yang hampir memenuhi badan jalan raya jikalau turun hujan deras tersebut disebabkan saluran selokan atau gorong-gorongnya berukuran kecil sehingga terlalu sempit untuk menampung debit air yang cukup besar dikarenakan gorong-gorong tersebut terlalu kecil atau sempit.

Sementara itu, Dadan Wildan dari UPT PUPR Kecamatan Karangpawitan yang sedang berada di lokasi bersama Camat Karangpawitan mengatakan, saluran selokannya tersumbat sampah sehingga air pun meluber kemana-mana saat hujan turun deras.

“Selokan ini merupakan resapan air. Jadi airnya itu dikala ada hujan saja. Ia pun atas anjuran Camat Karangpawitan akan memperlebar selokan tersebut sehingga apabila hujan deras datang tidak terjadi banjir kembali.

Dalam pantauan Fakta dan Realita masih banyak warga yang kurang peduli akan lingkungannya dengan seenaknya membuang sampah secara sembarang, alhasil sampah yang terbawa air baik air hujan atau air sungai menyumbat saluran dan akhirnya terjadilah banjir.

Dalam hal ini, perlu adanya peran aktif baik dari pemerintah setempat dan dinas terkait untuk segera mencari solusinya, misalkan diadakan pelatihan cara daur ulang sampah menjadi sebuah kegiatan ekonomi kreatif atau penyuluhan-penyuluhan tentang kepedulian kebersihan lingkungan dimasa pandemi covid-19.

Inline Related Posts  Gnose C19, Teknologi Baru Ciptaan Anak Bangsa, Mendeteksi Seseorang Terpapar Tidaknya Covid - 19

Reporter: Asep Prawita|Editor: Red_FR

()