17 April 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

Bupati Resmikan Hasil-Hasil Pembangunan Tahun 2019

Majalengka – faktadanrealita.com
Dalam rangka meresmikan hasil pembangunan di Kab. Majalengka tahun 2019, Pemkab Majalengka menyelenggarakan kegiatan Peresmian Hasil-hasil Pembangunan di Kab. Majalengka Tahun 2019, bertempat di lingkup Bunderan Raharja Kelurahan Munjul, Selasa (31/12).

Kegiatan berlangsung terbuka dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Komisi I, II, III, dan IV DPRD Kab. Majalengka, unsur Forkopimda, Kepala Kemenag, Ketua Pengadilan Agama, Wakil Bupati Majalengka, Sekda, para Staf Ahli, Asisten Daerah Kab. Majalengka, Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemkab. Majalengka, Pimpinan BUMN/BUMD, para Kepala OPD dan Camat se-Kab. Majalengka, Ketua TP PKK Kab. Majalengka, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Majalengka, Ketua dan anggota Asosiasi Jasa Kontruksi di Kab. Majalengka, unsur Perguruan Tinggi di Kab. Majalengka, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya ketua penyelenggara selaku Asisten Daerah Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Abdul Ghani, M.Si., mengatakan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas pencapaian pembangunan fisik Tahun Anggaran 2019, kemudian sebagai wahana publikasi sekaligus sosialisasi hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat, selanjutnya sebagai momentum dan tanda dimulainya pemanfaatan hasil pembangunan Tahun Anggaran 2019 oleh masyarakat.

Adapun hasil-hasil pembangunan fisik di tahun 2019 dengan rincian, yang pertama Rehabilitasi jalan sebagai sarana transportasi di kota Majalengka telah direhab dan dibangun sepanjang 134,83 KM, yang kedua pembangunan dan rehabilitasi jembatan sejumlah 79, kemudian rehabilitasi jalan poros desa sepanjang 8.998 KM, yang berikutnya Lpal komunal di 10 titik, jamban keluarga miskin sebanyak 6 unit, penataan ruang terbuka hijau ada di dua titik, sumur bor ada di saluran irigasi sebanyak 403 lokasi situ dan 21 lokasi penataan sumber mata air 11, lokasi pembangunan dan rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan baik di tingkat TK, SD, SMP dengan ratusan ruang kelas baru dan rehabilitasi bangunan sekolah, yang berikutnya pembangunan sarana prasarana kesehatan Puskesmas perawatan 1 unit dan juga pembangunan laboratorium kesehatan daerah, pembangunan Puskesmas pembantu 34 unit, pembangunan instalasi gawat darurat atau IGD, pembangunan dan rehabilitasi instalasi Laboratorium RSUD Majalengka, pembangunan gedung induk RSUD Cideres, revitalisasi pasar desa di dua titik, pembangunan gedung pemerintahan ada 4 unit, juga perbaikan rumah tidak layak huni bagi masyarakat tidak mampu sebanyak 1.593 unit, pembangunan jalan Lingkar Timur Majalengka dan juga pembangunan penataan alun-alun Majalengka yang insya Allah akan diselesaikan dalam tahun 2020.

Baca Juga :   Priangan

Sementara itu Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi., M.M.Pd., menyampaikan bahwa hari ini kita berada di penghujung tahun 2019 yang merupakan titik puncak perjuangan selama 360 hari dalam satu tahun 2019, oleh karena itu kita patut bersyukur kepada Allah SWT atas perjalanan panjang dalam satu tahun berarti bertambah pula tahun dunia ini dan tentunya harus diikuti bertambah pula prestasi kerja. Maksud diagendakannya acara ini adalah sebagai momentum dalam meningkatkan kualitas pelayanan kita kepada publik, sebagaimana hadirnya negara untuk kemaslahatan rakyat, agar terbangunnya kemaslahatan rakyat sebagaimana yang diamanatkan oleh konstitusi, tugas kepala pemerintah adalah memberikan pelayanan umum untuk kesejahteraan yang berkeadilan sosial.

Bupati menambahkan hari ini kita harus mempertanggungjawabkan apa yang dicapai oleh kita semua terutama Bupati/Wakil Bupati beserta para birokrasi yang ada di Kab.Majalengka sesuai dengan komitmen dalam rencana menengah pembangunan daerah. Ada 5 tahun yang harus kami lalui dan apa yang harus diisi 5 tahun itu, namun demikian kami mencoba membagi yang 5 tahun itu kepada empat tahap gerakan pembangunan yang diantaranya yang pertama adalah gerakan pembangunan Tata Raharja bagaimana awal-awal kepemimpinan kami berdua 2019 ditambah 11 hari dalam tahun 2018 disebut sebagai masa transisi kepemimpinan karena program RKPD 2019 masih digarap oleh kepemimpinan yang dulu namun demikian saya bisa melanjutkan estafet kepemimpinan di Majalengka begitu ideal dijalankan sehingga mata rantai program dan pembangunan tidak terputus.

“Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Majalengka pada Tahun 2020 harus sudah selesai sesuai target karena nanti di tahun 2021 kita akan lebih fokus kepada pemberdayaan masyarakat”, ujar Bupati.

Usai sambutan Bupati, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian hasil-hasil pembangunan di Kab. Majalengka Tahun 2019 dengan menandatangani prasasti pembangunan, pemotongan pita di salah satu lokasi pembaharuan infrastruktur Bunderan Munjul sebagai simbolis peresmian.

Sumber : majalengkakab.go.id

Bagikan :
error: Protect !!!