Atasi Kekosongan Jabatan, Korwil Pendidikan Garut Kota Laksanakan Sertijab Rotasi dan Promosi Kepala Sekolah

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info171 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

DINAS Pendidikan Kecamatan Garut Kota menggelar acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Rotasi dan Promosi Kepala Sekolah Dasar yang berlangsung di Aula PGRI Garut Kota, Jalan Soedirman No 1, Kel. Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (9/1/2024).

Hadir pada acara tersebut, Korwil Bidang Pendidikan Garut Kota, Hj. Anita Istiani, Korwas Garut Kota, Ajat Sudrajat beserta Jajaran Pengawas, Ketua PGRI Garut Kota, H. Rahmat, Ketua K3S Garut Kota H. Suwarso, dan Seluruh Kepala Sekolah se-Kecamatan Garut Kota.

Pelaksanaan sertijab Kepala SD tersebut diikuti tujuh orang Kepala Sekolah, yang terdiri dari Empat orang Kepala Sekolah Baru (Promosi) dan Tiga orang Kepala Sekolah lama (mutasi).

Korwil Bidang Pendidikan Garut Kota, Hj. Anita Istiani S.Pd, M.Pd pada kesempatan tersebut, mengucapkan selamat kepada para guru yang baru dipromosikan menjadi kepala sekolah, dan juga para Kepala sekolah yang dirotasi pindah dari sekolah lama ke sekolah yang baru.

Anita menyebutkan, dengan banyaknya Kepala Sekolah yang telah pensiun, maka telah terjadi kekosongan jabatan di sejumlah sekolah. Agar tak menghambat kegiatan pembelajaran dan pengadministrasian di sekolah, salah satu solusi yang diambil adalah dengan cara melakukan pengangkatan Kepala Sekolah yang baru.

“Sertijab hari ini untuk menutupi kekosongan jabatan kepala sekolah. Bagi kepala sekolah yang baru dilantik mungkin ini momentum pertama kali mereka memimpin, sedangkan bagi kepala sekolah yang di rotasi jabatan, tentu ini menjadi sebuah penyegaran,” terangnya.

Anita berharap, para kepala sekolah yang melakukan sertijab senantiasa bisa menjaga amanat dan kepercayaan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan tupoksi yang diembannya. Sebagai pimpinan, Kepala sekolah dituntut untuk bisa membina, mengarahkan dan mengayomi guru-gurunya agar bisa mendorong kemajuan sekolahnya.

Inline Related Posts  Pelanggan Siap-siap !! Selasa Besok, Distribusi Air PDAM Garut ke Sejumlah Wilayah Dihentikan Sementara

“Tolong dijaga pula, nama baik keluarga besar pendidikan Garut Kota khususnya, dan marwah pendidikan pada umumnya. Sekali lagi, saya sampaikan selamat bertugas di tempat baru, semoga segala aktifitas yang dijalankannya nanti bisa berjalan dengan lancar dan berhasil,” ujarnya.

Senada dengan Korwil Garut Kota, Ketua K3S H. Suwarso menyampaikan ucapan selamat kepada tujuh Kepala Sekolah yang telah hadir mengikuti prosesi sertijab hari ini. Menurutnya, jabatan kepala sekolah merupakan sebuah jabatan yang mulia dan sangat dihormati oleh masyarakat.

“Meski demikian faktanya, perlu diingatkan agar para kepala sekolah tidak melupakan tupoksi yang diembannya yakni sebagai seorang pemimpin penentu kebijakan yang bertanggung jawab penuh atas maju mundurnya pendidikan di sekolahnya,” ucapnya.

Suwarso menyebut, ada istilah pribahasa lama yang mengatakan ‘dimana bumi dipijak disitu langit dijungjung. Pribahasa itu mengisyaratkan bahwa dimanapun kita bekerja, maka disitulah tempat pengabdian kita yang sesungguhnya.

“Seperti halnya kita, mau ditempatkan dimanapun, tentunya kita harus siap. Jangan tanya alasan kenapa pimpinan menempatkan kita disini atau disitu, yang penting bagi kita tunjukkan saja bahwa kita ini bisa bekerja dengan penuh kesungguhan,” tuturnya.

Suwarso berharap, para kepala sekolah yang baru bisa menjalin kolaborasi yang baik dengan para Kepala Sekolah yang lama, dan begitupun sebaliknya, agar bisa menjaga kebersamaan yang sudah terbangun dengan baik selama ini.

“Semoga kekompakan Garut Kota bisa terus terjaga, dan mudah-mudahan kita pun selalu diberi kesehatan dan kekuatan oleh Alloh SWT, sehingga kita bisa menjalani pekerjaan dengan baik,” pungkasnya.

Berikut data 7 Kepala Sekolah yang Promosi dan Rotasi ;

Promosi :

1. Supiati, S.Pd.SD, guru SDN 3 Regol jadi Kepala SDN 5 Kota Kulon.

2. Lenawati, S.Pd., guru SDN 4 Kota Wetan jadi Kepala SDN 4 Muarasanding.

3. Tete Ahmad Sobari, S.Pd. guru SDN 4 Paminggir jadi Kepala SDN 1 Paminggir

4. Imas Tiska Risnayati, S.Pd., guru SDN 3 Sukamentri jadi Kepala SDN 4 Regol

Rotasi :

1. Sri Asdiawati, S.Pd., M.Pd., Kepala SDN 5 Kota Kulon ke SDN 7 Kota Kulon

2. Siti Rohamah, S.Pd., MM, Kepala SDN 1 Paminggir ke SDN 5 Paminggir

3. Wida Wardhani, S.Pd., M.Pd., Kepala SDN 4 Muarasanding ke SDN 3 Regol.

RED_FR