Kades Lebak Agung Karangpawitan Buka Pelatihan Mitigasi Siaga Bencana

Asep Prawita

Info118 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

BERLOKASI di Aula Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Rabu, 10 Januari 2024, Pemerintahan Desa Lebak Agung melaksanakan kegiatan “Pelatihan Mitigasi Siaga Bencana” yang dibuka langsung oleh Kepala Desa (Kades) Lebak Agung.

Kades Lebak Agung, Oman menyebutkan, pelatihan mitigasi siaga bencana ini sangat penting, karena Desa Lebak Agung termasuk daerah yang rawan bencana longsor.

“Melihat situasi saat ini, dimana curah hujan cukup tinggi dan lokasi Desa Lebak Agung yang berada di dataran cukup tinggi, dengan terdapat banyak tebing, maka bahaya longsor harus selalu kita waspadai. Tentunya dalam menghadapi kondisi itu, segala persiapan harus kita laksanakan dalam pencegahan atau saat kejadian bencana dan pasca bencana. Semua harus kita perhitungkan dan persiapkan,” ucap Oman.

Terkait pelatihan ini, Oman berpesan kepada para peserta yang hadir agar tetap menjaga kebersihan lingkungannya. “Tolong ingatkan warga jika ada yang membuang sampah sembarangan, agar mereka membuang pada tempatnya. Selain itu, biasakan membuang air yang tergenang supaya nyamuk tidak bisa berkembang biak, serta ikut melaksanakan kegiatan Jumat bersih (jumsih).

Oman berharap dengan adanya pelatihan mitigasi siaga bencana ini, para peserta pelatihan bisa paham dan mengerti tindakan apa yang harus dilakukan dalam pencegahan, saat bencana itu datang, maupun pada saat penanganan pasca bencana. Dengan begitu diharapkan Desa Lebak Agung dapat terbebas dari berbagai bencana yang melanda.

Berdasarkan pantauan wartawan Media Fakta dan Realita, pada acara pelatihan mitigasi siaga bencana tersebut, pihak BPBD Kabupaten Garut bertindak sebagai narasumber, dengan peserta yang hadir Kasi PMD Kec. Karangpawitan, Pendamping Desa Lebak Agung, Babinsa Desa Lebak Agung, Para Ketua RT dan RW, Para Kader, serta peserta pelatihan lainnya. (Abo)