UPT PUPR Tarogong Kaler Gerak Cepat Tangani Bencana Longsor di Ruas Jalan Tarogong-Ciroyom Garut 

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info204 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

KEPALA UPT PUPR Wilayah Tarogong Kaler Kabupaten Garut beserta jajaran, dengan dibantu pegawai Bidang Bina Marga PUPR Garut, Kamis (11/1/2023), bergerak cepat melakukan penanganan bencana longsor yang terjadi di ruas Jalan Tarogong-Ciroyom Garut.

Dalam penanganan bencana longsor tersebut, pihak UPT PUPR Tarogong Kaler juga dibantu oleh Forkopincam Kecamatan Tarogong Kaler dan BPBD Kabupaten Garut.

Kepala UPT PUPR Tarogong Kaler, Dedi Suprianggana, SE menyebutkan, bencana longsor terjadi di jalan Tarogong-Ciroyom, yang berlokasi di kampung Suniasari, Desa Mekarjaya, kecamatan Tarogong Kaler.

“Kejadiannya Kamis Pagi, sekitar pukul 05.00 WIB. Penyebabnya, dikarenakan robohnya sebagian Tembok Penahan Tanah (TPT) setinggi 3,5 meter lebar 10 meter yang berada diatas Jalan Tarogong-Ciroyom. Usai dapat laporan terkait adanya longsor, kami pun langsung menyiapkan peralatan, dan tadi pagi-pagi sekali, langsung bergerak menuju ke lokasi tempat kejadian,” terangnya.

Dedi menambahkan, mungkin akibat tingginya intensitas curah hujan yang terjadi beberapa hari ini telah menyebabkan TPT ambrol karena tak kuat menahan volume resapan air hujan yang secara terus-menerus mengguyurnya.

“Alhamdulillah longsor tersebut cepat tertangani. Badan jalan yang semula tertutup oleh material tanah dan bongkahan tembok TPT yang hancur telah selesai kita bersihkan, termasuk membuat pondasi penahan pohon yang ada diatasnya untuk mencegah terjadinya longsor susulan. Sekarang, kondisi jalannya sudah normal kembali dan bisa dilewati para pengguna jalan dengan aman,” paparnya.

Dedi mengapresiasi seluruh pihak yang telah turut bekerjasama, bahu membahu dan saling membantu dalam melakukan penanganan bencana longsor yang terjadi di wilayahnya.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada pihak Bidang Bina Marga PUPR Garut, Forkopincam Kecamatan Tarogong Kaler dan BPBD Kabupaten Garut. Semoga dengan kolaborasi yang telah terbangun selama ini, segala bentuk permasalahan yang menyangkut fasilitas umum bisa segera teratasi dengan baik,” pungkasnya.

Inline Related Posts  Bunda Literasi Kabupaten Garut Apresiasi GLN Gareulis Jabar

RED_FR