Bupati Garut Hadiri Panen Raya Jeruk Lemon di Kebun Eptilu Cigedug

Berita Utama849 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

KABUPATEN Garut dikenal luas sebagai sentra penghasil buah jeruk di tanah air, yang mana kecamatan Cigedug merupakan salah satu daerah penghasil dari buah yang kaya akan vitamin C itu. Menjelang perayaan Idul Fitri yang tinggal beberapa saat lagi, Bupati Garut, H Rudy Gunawan mengunjungi kegiatan panen jeruk di Kebun Eptilu, Desa Barusuda, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Senin (10/5/2021).

Bupati Garut mengatakan, pihaknya akan menyiapkan lahan untuk pertanian dengan close loop yang diperluas dengan tujuan mengembangkan budidaya pertanian.

“Ini jeruk lemon ada di Garut kita mempersiapkan lahan untuk pertanian terpadu dengan sistem close loop yang diperluas. Tapi kami ingin ada kepastian offtaker yang harganya mempunyai kegairahan untuk mengembangkan budidaya,” kata Bupati Garut.

Ia menuturkan, dalam satu kali panen jeruk lemon di Kebun Eptilu ini bisa menghasilkan nilai uang yang berlimpah.
“kalau 10 ribu satu kali panen 80 ribu rupiah. Ini bisa menghasilkan kalau punya seribu kita punya 8 juta,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika mengatakan kelompok taninya sudah bermitra dengan beberapa pasar yang sudah terstruktur diantaranya Eden Farm dan Paskomnas.

“Alhamdulillah hari ini pak bupati bisa hadir ke tempat kelompok tani binaan kami. Kelompok tani binaan ini adalah salah satu kelompok yang memang sudah bermitra dengan pasar yang terstruktur salah satunya itu dengan Eden Farm dan Paskomnas,” kata Beni.

Beni berharap dengan kegiatan panen ini bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Garut.

“Kita sekarang ada di Desa Barusuda di Kecamatan Cigedug, alhamdulillah hari ini kita sudah bisa memanen Jeruk DN Sabilulungan yang hari ini kita panen ya, mudah-mudahan ini bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di Kabupaten Garut,” ucapnya.

Inline Related Posts  Bantuan Senilai Rp100 Juta disalurkan Bank bjb Garut untuk Korban Banjir Bandang Garsel

Selain itu, Anggota kelompok tani binaan Eptilu, Ridwan, menuturkan, pada saat itu pihaknya akan melakukan pengiriman hasil panen ke Paskomnas dan Eden Farm.

“Inilah lahan para petani kami dikunjungi oleh rombongan Dinas Pertanian dan yang terhormat bapak Bupati Garut. Kebetulan hari ini jadwalnya kami untuk melakukan pengiriman ke paskomnas dan eden farm. Untuk (luas kebunnya) kurang lebih 3 sampai 5 hektare,” ucap Ridwan.

Ridwan berharap para petani di Kabupaten Garut bisa lebih berkembang menjadi lebih luas.

“Hasil panennya kan kita jual ke pasar, ke paskomnas, kemudian ke eden Farm dan juga kita ke pasar curah. Harapannya para petani bisa lebih berkembang luas untuk pengembangan yang selanjutnya,” pungkas Ridwan.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

()