Guru PPPK Angkatan IV Garut Kota Laksanakan Tasyakur Bini’mah Bersama Para Stakeholder Pendidikan

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info536 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta & Realita-

GURU-GURU ASN PPPK (Pegawai Pemerintahan Perjanjian Kerja) Angkatan IV melaksanakan acara Tasyakur Bini’mah dengan mengambil tema “Ayo Membangun Masa Depan Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas” yang digelar Gedung PGRI, Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2024).

Acara yang digelar sebagai wujud tanda syukur atas diangkatnya puluhan guru honorer SD dan SMP se-Garut Kota oleh pemerintah menjadi Guru ASN PPPK tersebut, dihadiri Ketua MKKS SMP Kabupaten/ Kepala SMPN 1 Garut H Rd. Yusup Satria Gautama, Korwil Bidang Pendidikan Garut Kota Hj Anita Istiani, Ketua PGRI Garut Kota Rahmat yang diwakili Herman (Wakil Ketua), Korwas Ajat Sudrajat bersama Jajaran Pengawas, Ketua K2S Garut Kota H Suwarso dan Para Kepala SD dan SMP Se-Kecamatan Garut Kota.

Korwil Bidang Pendidikan Garut Kota dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada 47 orang guru honorer SD dan SMP yang telah diangkat menjadi Guru ASN PPPK angkatan ke IV.

Menurut Anita, pengangkatan guru honor ini, selain buah dari hasil kerja keras dan kesabaran, juga berkat doa dan dukungan orangtua masing-masing.

“Makanya semua harus bersyukur kepada Alloh SWT dan berterima kasih kepada orangtua kita. Sebagai seorang guru, tentunya kita harus bangga karena profesi guru itu berbeda dengan profesi lainnya. Tugas guru sangatlah mulia, karena berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ini,” tutur Anita.

Anita berharap, seluruh guru ASN PPPK angkatan IV bisa lebih meningkatkan lagi kinerjanya agar mutu pendidikan yang  berkualitas dapat diraih, seperti halnya tema pelaksanaan tasyakur bini’mah hari ini.

Terakhir Anita menyampaikan, menjelang berakhirnya masa jabatan sebagai Korwil Garut Kota, dirinya meminta permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh guru dan kepala sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Garut Kota.

Inline Related Posts  PGRI Garut Kota Salurkan Sedekah Ramadhan Untuk 100 Penjaga Sekolah

“Mungkin selama kepemimpinan saya di Garut Kota ini, ada yang pernah kena tegur ataupun kena marah, saya minta maaf. Jujur, semua itu saya lakukan demi kebaikan kita bersama. Saya mohon doanya agar dalam menjalani pensiun nanti, tetap diberi kesehatan, rejeki dan panjang umur,” ungkapnya.

Senada dengan Anita, Ketua MKKS SMP, Rd Yusup Satria Gautama dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada seluruh guru honor Garut Kota yang telah resmi diangkat pemerintah menjadi Guru ASN  PPPK.

“Saya juga sangat mengapresiasi acara tasyakur bini’mah hari ini. acara ini luar biasa, walau digelar dengan sederhana, namun pihak panitia begitu piawai dalam menyusun rangkaian acaranya, sehingga suasananya bisa hidup, lancar dan berkesan,” puji Yusup.

Yusup berharap kolaborasi antar guru SD dan SMP dalam setiap acara bisa terus terjaga dengan baik. Kita ini sama-sama guru, tidak boleh ada sekat pembeda antara satu guru dengan guru yang lainnya, karena wadah kita sama yakni PGRI dan KORPRI.

“Mari kita selalu menjaga suasana kekompakan Garut Kota seperti ini. Karena dengan kita bersatu, kita akan semakin kuat dalam menghadapi segala hal, terutama tantangan dunia pendidikan kedepannya,” pungkas Yusup.

Sementara itu disela-sela acara, Koordinator Guru ASN PPPK Angkatan IV, Rizki Rahadiana dalam pernyataan kepada Media Fakta dan Realita mengatakan, dirinya sangat bersyukur dengan pengangkatan Guru ASN PPPK Garut Kota ini.

“Ya tentunya sangat bersyukur, karena untuk menjadi bagian dari pegawai pemerintahan yang diakui secara resmi oleh negara adalah penantian yang cukup panjang. Saya sudah 10 tahun lebih mengabdi sebagai guru honor. Dan Alhamdulillah, pada tahun 2024 resmi diangkat jadi PNS walaupun statusnya kontrak 5 tahun sesuai regulasi,” ujar Rizki yang saat ini aktif mengajar di SMPN 8 Garut.

Inline Related Posts  Top Guide Of Polish Women

Terkait acara tasyakur bini’mah hari ini, ucap Rizki, acara ini merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT dan sebagai tanda terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjuangan kita dalam meraih status Guru ASN PPPK.

“Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada Ketua MKKS SMP Kabupaten Garut, Korwil Garut Kota, Ketua PGRI Garut Kota, Korwas Garut Kota, Ketua K2S Garut Kota, Jajaran Kepala Sekolah SD dan SMP, serta rekan-rekan PPPK angkatan IV, yang selalu mendukung dan hadir pada acara ini,” terangnya.

Lebih lanjut Rizki mengajak, kepada seluruh Guru ASN PPPK angkatan IV untuk terus meningkatkan kinerja dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Dengan begitu, diharapkan semua sekolah di Garut Kota dapat lebih menghasilkan lulusan peserta didik berprestasi, unggul dan berkualitas.

“Untuk semua itu, kita lakukan hal-hal positif dengan mengikuti kompetensi-kompetensi yang relevan, yang bisa menunjang peningkatan mutu pendidikan. Kita bisa aktif sebagai guru penggerak, aktif berorganisasi dan  mencoba untuk terus berinovasi,” tandasnya.

Rizki berharap, dimasa yang akan datang, seiring perubahan kepemimpinan yang terjadi di negeri ini, mudah-mudahan regulasi ASN PPPK bisa berubah hingga bisa sejajar dengan PNS pada umumnya, sehingga tidak ada lagi aturan harus perpanjangan kontrak per 5 tahun sekali.

“Saya juga berharap agar kerjasama antar sesama guru di Garut Kota terus terjalin dengan baik, seperti halnya tadi telah disampaikan Pak Ketua MKKS Kabupaten Garut. Pokoknya kita harus terus bersatu tanpa melihat latar belakang dimana kita mengajar. Mari bersama-sama memajukan dunia pendidikan khususnya di Garut Kota tercinta ini,” pungkas Rizki Rahadiana.

Berdasarkan pantauan media Fakta dan Realita, pelaksanaan Tasyakur Bini’mah yang diinisasi oleh Guru ASN PPPK Angkatan IV Garut Kota tersebut berlangsung meriah dan khidmat. Rangkaian acara demi acara tersaji dengan rapih. Hal itu berkat arahan dari Guru Senior PPPK/ Ketua FAGAR Garut Kota yang namanya tak asing ditelinga yaitu Tsabit Mubarok.

Inline Related Posts  Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PDAM Garut Menggelar Workshop di Fave Hotel

Acara Tasyakur Bini’mah dibuka dengan penampilan atraksi seni bela diri Pencak Silat dan Tari Jaipongan hasil persembahan siswi-siswi terbaik Garut Kota, yang dilanjutkan dengan sesi sambutan yang berturut-turut disampaikan oleh Korwil Bidang Pendidikan Garut Kota, Ketua MKKS SMP Kabupaten Garut, dan Kordinator ASN Guru PPPK Garut Kota Angkatan IV.

Acara ditutup dengan prosesi adat “Sungkeman” yang merupakan simbol tanda bakti ASN PPPK kepada orangtuanya. Prosesi sungkeman ini tergolong unik karena melibatkan Ketua MKKS SMP Kabupaten Garut Yusuf Satria dan Korwil Pendidikan Garut Kota Anita Istiani untuk berperan sebagai orangtua dari putra-putrinya yang berhasil lulus menjadi Guru ASN PPPK.

RED_FR