Bunyi Alat Musik “Celentung” Tandai Pembukaan Garut Festival (G Fest) 2023

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info111 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita,-

DIAWALI dengan pembunyian secara massal alat musik tradisional Celentung, Garut Festival (G Fest) Tahun 2023 resmi dibuka Bupati Garut H Rudy Gunawan SH, MH, MP di Alun-Alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (27/12/2023).

G Fest yang mengusung tema “Satu Dekade Rudy-Helmi Bekerja” adalah yang kedua kalinya digelar. Hal itu menandai berakhirnya satu dekade kepemimpinan Rudy-Helmi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut sejak tahun 2014 lalu.

Ditemui usai pembukaan acara, Bupati Garut, Rudy Gunawan menyebutkan, G Fest 2023 adalah bentuk upaya untuk meningkatkan perekonomian Kabupaten Garut, terutama dari sisi Produk Domistik Bruto (PDB).

Menurutnya, G Fest menghadirkan produk-produk unggulan para pelaku usaha/UMKM dengan harapan agar nantinya mereka bisa menjual dan memasarkan produknya itu tidak hanya di wilayah Garut saja, akan tetapi bisa keluar daerah bahkan ke luar negeri.

“Dengan G Fest ini, kita dorong PDB kabupaten Garut agar lebih meningkat. Kita berikan support sekaligus ruang seluas-luasnya kepada masyarakat dan para pelaku usaha untuk lebih maju dan berhasil,” terangnya

Kabupaten Garut sendiri, ucap Rudy, memiliki banyak produk ekonomi kreatif, seperti jaket kulit yang mulai mendunia, batik garutan, minyak akarwangi, kerajinan bambu, dan juga beberapa kuliner khas seperti baso aci yang juga mulai digemari oleh masyarakat luas sekarang ini.

“Nah di G Fest kali ini, produk-produk itu sengaja kita hadirkan agar dikenal oleh masyarakat atau pembeli, sehingga nantinya akan mudah terjual,” katanya.

Rudy menambahkan, terkait keluarnya Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) baru-baru ini tentang perpanjangan masa jabatan Bupati dan Wakil Garut yang akan berakhir pada 23 Januari 2024, maka ia pun bertekad untuk terus berupaya meningkatkan perekonomian kabupaten Garut.

Inline Related Posts  Barnas Adjidin Dilantik Gubernur Jabar Menjadi Pj Bupati Garut Masa Transisi

“Karena keluar surat MK kemarin, kita dapat bonus waktu. Kita akan maksimalkan untuk kegiatan positif yang berguna bagi masyarakat Garut. Ya pokoknya minggu depan kita akan bikin apa lah! Minggu depannya lagi begitu dan untuk seterus-seterusnya,” pungkas Bupati Rudy.

RED_FR