Empat Gedung Baru dan Satu Terminal Diresmikan Bupati Garut Sekaligus

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info83 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita,-

BUPATI Garut, H. Rudy Gunawan, SH, MH, MP, bertempat di Kantor Dinas Kesehatan, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kab. Garut, Kamis (28/12/2023) sekaligus menandatangani 5 prasasti Gedung dan Terminal Baru.

Kelima Gedung dan terminal Baru yang diresmikan Bupati meliputi Gedung Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pemadam Kebakaran dan Terminal Limbangan.

Peresmian tersebut menandai era baru dalam peningkatan layanan publik di Kabupaten Garut, khususnya di sektor kesehatan dan pelayanan publik lainnya.

Bupati Rudy dalam pernyataannya, secara khusus memuji kualitas pembangunan gedung Dinas Kesehatan yang dinilainya memiliki penampilan yang sangat luar biasa.

“Tapi nanti biar diperiksa sama BPK sesuai atau tidak, tapi ini bagus tepat waktu, tepuk tangan lah untuk pihak ketiganya sementara ini,” ujar Bupati Garut.

Bupati Garut berharap kepada seluruh pegawai puskesmas yang baru saja diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dapat meningkatkan pelayanan mereka, terutama sisi humanisnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi saya mohon humanisnya lebih ditingkatkan, jadi sudah baik, sudah baik semuanya. Humanisnya ditingkatkan (lagi),” tandas Bupati Rudy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Garut, dr. Leli Yuliani, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah daerah dan menyebut gedung baru ini sebagai pendorong motivasi dan peningkatan kinerja.

“Semoga hal ini bisa menambah semangat, serta meningkatkan kinerja kami dalam ikhtiar memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ucapnya.

Leli menerangkan, anggaran yang digunakan untuk empat gedung yang diresmikan ini, yaitu Dinas Kesehatan sebesar 5,38 miliar rupiah, Dinas Perhubungan sebesar 3,15 miliar rupiah, Dinas Pemadam Kebakaran 3,79 miliar rupiah, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik 3,139 miliar rupiah.

Inline Related Posts  Bupati Garut Resmikan Lapangan Sepakbola SOR Merdeka Kerkoff, Kini Rumputnya Gunakan Bahan Sintetis

Khusus untuk Gedung Baru Dinas Kesehatan ini diberi nama “dr. H. Tahmat Suryahadiputra”. Nama itu disematkan sebagai penghormatan kepada Kepala Dinas Kesehatan pertama di Kabupaten Garut yang telah mengabdi serta memberikan jasanya terhadap pembangunan kesehatan di Kabupaten Garut.

Leli menambahkan, Dinas Kesehatan juga mencanangkan program baru melalui “Integrasi Layanan Kesehatan Untuk Garut Yang Lebih Maju”.

Leli menyebutnya sebagai bentuk ikhtiar dalam melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat mulai dari kesehatan preventif, promotif, upaya kesehatan kuratif, rehabilitatif, dan paliatif, bertujuan mengintegrasikan fasilitas kesehatan primer dan rujukan untuk menghilangkan kesenjangan dalam akses layanan kesehatan.

“Diharapkan tidak ada gap antara kedua jenjang sarana kesehatan tersebut sehingga masyarakat akan lebih mudah mengakses kedua fasilitas sarana pelayanan kesehatan tersebut,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, cucu dr. H. Tahmat Suryahadiputra, dr. Kartika Ruchiatan, menyatakan kebanggaan dan rasa terima kasih keluarganya atas penghormatan yang mengabadikan nama kakeknya sebagai nama Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Garut saat ini.

Ia berharap, dengan adanya gedung ini dapat menjadi bagian dari amal jariyyah sang kakek, yang telah ikut berkontribusi dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Garut pada masanya.

RED_FR