KPU Garut Kerahkan 2007 Petugas Sorlip dan 100 Pengawas untuk Kelancaran Surat Suara Pemilu 2024

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info116 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

KETUA KPU Kabupaten Garut, Junaidin Basri mengatakan, KPU Garut mengerahkan sebanyak 2007 petugas dalam melakukan penyortiran dan pelipatan (sorlip) 10 juta surat suara, dimana mereka bekerja dalam dua shift, masing-masing berdurasi 8 jam. KPU juga telah menyiapkan 100 pengawas internal untuk menjamin kualitas lipatan surat suara.

Junaidin meyebut, pentingnya menjamin jenis, jumlah, dan kualitas surat suara, serta tepat waktu dan sasaran. Jumlah surat suara tersebut disesuaikan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Garut yang berjumlah 1.999.061, ditambah 2% untuk lima jenis surat suara dan Pemungutan Suara Ulang (PSU), dengan target penyelesaian selama 10 hari.

“Target kita selesai 10 hari kita, khusus untuk sorlip 10 hari, nanti 2 harinya lagi untuk setting-nya, jadi setelah sorlip tidak berarti udah selesai (tapi) belum, karena logistik yang di dalam kotak suara dan luar (kotak) suara harus kita siapkan juga,” tutur Junaidin kepada media Fakta dan Realita di lokasi tempat sorlip, Raja Plaza, Jalan Guntur Endah, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis  (4/1/2024).

Untuk memastikan keamanan kualitas surat suara, kata Junaidin, selama pelaksanaan sorlip, lokasi akan diawasi oleh petugas keamanan dari TNI Polri dan KPU Kabupaten Garut.

Petugas Sorlip mendapatkan upah Rp150 per lembar untuk surat suara Pilpres dan Rp200 per lembar untuk Pileg. Mereka dibagi ke dalam kelompok beranggotakan 10 orang dan juga diberikan snack serta makan satu kali.

“Mudah-mudahan lebih baik dari tahun sebelumnya, itu yang paling penting. Jadi minimal tidak tertukar, kualitas lebih terjamin, terus tepat waktu, ini yang paling tepat waktu, kalau 10 hari kita hitung kalau dia meleset 2 hari itu akan mengganggu waktu distribusi,” pungkasnya.

Inline Related Posts  Just what Board Area Provider?

RED_FR