Kades Pakualam Sesalkan Adanya Tumpukan Sampah di Pesisir Jatigede

oleh -47 Dilihat

Sumedang, faktadanrealita.com-
Kades Pakualam, Kecamatan Darmaraja Sabidin S.E menyesalkan adanya tumpukan sampah yang ada di pesisir Bendungan Jatigede. Sampah menumpuk hampir di semua wilayah pesisir akibat kurangnya kesadaran masyarakat. Selain itu, tidak adanya tempat pembuangan sampah di wilayah Darmaraja menambah masyarakat sekain tak sadar akan sampah.

“Tumpukan sampah disebabkan kurangnya sarana tempat pembuangan sampah di desa-desa penyangga pesisir,” ujar Pjs Kepala Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja, Sabidin S.E, Kamis (30/4/2020).

Kata Sabidin, banyak warga yang membuang sampah ke saluran irigasi yang muaranya ke bendungan tersebut. Sehingga penumpukan sampah di bendungan akan terus ada.

Sabidin menyebutkan, untuk meminimalisir sampah di areal bendungan, maka setiap desa yang berbatasan dengan bendungan harus memiliki tempat penampungan sampah.

Hal itu bertujuan, agar warga tidak membuang sampah sembarangan yang akhirnya terbawa arus ke bendungan.

Selain itu, perlu pembentukan tim khusus untuk menangani sampah yang ada di Bendungan Jatigede.

Warga Wado, Atep menyebutkan, tumpukan sampah terapung di pesisir waduk ada sudah sejak lama. Apalagi saat ini, permukaan air bendungan naik jadi sampah yang berada di semak-semak ikut terapung.

“Memang sampah dari dulu selalu banyak, apalagi sekarang airnya makin naik,”katanya

Selain itu, sampah di wilayah perairan Wado kebanyakan bawaan dari wilayah luar melalui sungai Cimanuk. ***(nsa)

Sumber : sumedangkab.go.id
Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.