Beas Perelek, Tradisi Membantu Warga Lansia dan Kurang Mampu

Bandung Barat338 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bandung Barat, faktadanrealita.com-
Demi membantu sesama yang sedang membutuhkan bantuan, dapat dilakukan dengan aneka cara. Termasuk memberikan bantuan berupa beras untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari.

Misalnya yang dilakukan warga Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Warga mengumpulkan beas perelek atau yang berarti beras sumbangan dari setiap rumah untuk mengatasi kesulitan pangan yang dialami warga kurang mampu.

Beas perelek merupakan tradisi turun temurun masyarakat Sunda untuk mengumpulkan beras dari setiap rumah yang biasanya digunakan untuk keperluan kegiatan kemasyarakatan.

Inisiatif warga muncul karena di desa ini masih banyak warga kurang mampu membeli beras di tengah masa pandemi Corona atau COVID-19. Ditambah lagi, beras sebagai makanan pokok sehari-hari sangat dibutuhkan warga selama bulan suci Ramadhan.

Setiap rumah warga diminta menyumbangkan segelas beras hingga terkumpul beberapa karung. Beras yang sudah terkumpul kemudian diberikan langsung pada warga yang membutuhkan.

“Tradisi beas perelek adalah hasil inisiasi para pemuda dan tokoh masyarakat dan sudah berjalan selama 5 tahun pada bulan puasa. Bantuan dibagikan pada orang miskin, orang tua yang tidak memiliki penghasilan akibat COVID-19. Apalagi di saat sekarang, harga kebutuhan pokok meningkat,” kata Sekretaris Kepala Desa Jayagiri Deni Iskandar, Senin (27/4).

Sumber : detik.com
Editor : Red_FR

Inline Related Posts  MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL