KPU Kabupaten Garut Menggelar Kirab Pemilu 2024  

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info462 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita-

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut menggelar Kirab Pemilu 2024 yang diikuti secara antusias oleh 18 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu Legislatif 2024. Kirab berupa pawai kendaraan dari berbagai parpol dan unsur partisipan tersebut berlangsung pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023, dengan mengambil rute start dan finish di Lapangan Otto Iskandar Dinata/ Alun-alun Garut.

Pembukaan Kirab Pemilu 2024 di kabupaten Garut dimulai dengan prosesi kesenian “Naek Dodombaan”, salah satu kesenian khas asli Garut yang kerap dilakukan pada acara-acara resmi pemerintahan setempat.

Ditemui disela-sela acara, Komisioner KPU Garut, Nuni Nurbayanti kepada Media Fakta dan Realita menyebutkan, Kirab Pemilu 2024 menjadi wadah dalam melahirkan 18 partai politik yang akan berpartisipasi pada pesta demokrasi di Kabupaten Garut. Menurutnya, Kirab atau deklarasi pemilu ini berfungsi sebagai sarana integrasi bangsa.

“Kita sudah mempersiapkan kegiatan ini sejak jauh-jauh hari. Satu bulan kebelakang, dari mulai koordinasi dengan event organizer (EO), dengan instansi terkait, dan rakor dengan pihak Parpol. Semuanya kita lakukan agar proses kirab bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Nuni menyampaikan, Kirab Pemilu 2024 selain mengikutkan sertakan kendaraan dari masing-masing parpol, juga kendaraan dari berbagai instansi terkait, Panitia Pemilu Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kepala Desa, Komunitas Vespa, Pemilih Pemula, dan dari Pemilih Perempuan.

“Kirab pemilu yang merupakan hari pertama Kirab Pemilu Tahun 2024, akan dilaksanakan pula serah terima bendera Kirab Pemilu Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Sumedang kepada KPU Kabupaten Garut, yang berlangsung di Alun-Alun Garut,” katanya.

Nuni menambahkan, rangkaian Kirab Pemilu 2024 di Kabupaten Garut akan berlangsung selama 7 hari mulai 14 hingga 20 Oktober 2023. Akan ada berbagai kegiatan sosialisasi terkait Pemilu 2024 kepada berbagai entitas, seperti masyarakat kampung adat, komunitas nelayan, pemilih pemula, hingga pemilih perempuan, yang akan dilaksanakan di beberapa daerah di Kabupaten Garut.

Inline Related Posts  Kabid IKP Diskominfo Garut Bersilaturahmi dengan Para Ketua Orprof Wartawan di Kafe Pelagio 

“Kemudian, setelah seluruh rangkaian acara kirab pemilu di Garut selesai, Kirab Pemilu 2024 akan diestafetkan ke KPU Kabupaten Bandung oleh KPU Kabupaten Garut, hingga nantinya akan berakhir di Kantor KPU Republik Indonesia, di Jakarta,” ujarnya.

Nuni berharap, kirab pemilu di kabupaten Garut bisa sukses, semua stakeholder yang diundang bisa ikut terlibat dan masyarakat pun bisa merasakan. “Jadi tak hanya kita saja yang merasakan, tapi masyarakat pun merasakan kemeriahan pesta demokrasi, menuju 14 Februari 2024,” pungkas Nuni.

Berikut rute jalan yang dilalui Kirab Pemilu di Kabupaten Garut ;

Alun-Alun Garut (Start) –> Jalan Ahmad Yani –> Jalan Pramuka –> Jalan Bank –> Jalan Veteran –> Jalan Ahmad Yani –> Jalan Ciledug –> Jalan Sukadana –> Jalan Papandayan –> Maktal –> Jalan Pembangunan –> Jalan Patriot –> Hampor –> Jalan Raya Samarang –> Jalan Otto Iskandar Dinata –> Alun-Alun Tarogong –> Jalan Suherman –> Jalan Proklamasi –> Jalan Mayor Syamsu (Musaddad) –> Jalan Cimanuk –> Jalan Ahmad Yani –> dan berakhir kembali di Alun-Alun Garut (finish).

PIMRED_FR

 

  ()