Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko Sebut Tidak Ada Pelanggaran dari Pernyataan di Video Viral Satpol PP Garut

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info85 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Jakarta, Fakta dan Realita,-

KEPALA Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, tidak ada pelanggaran dari pernyataan dukungan satuan polisi pamong praja (Satpol PP) di Kabupaten Garut, Jawa Barat, kepada calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka.

Moeldoko menyebut, Satpol PP bisa saja mencari keadilan bukan hanya kepada Gibran, tapi juga calon lain.

Namun demikian, Moeldoko secara pribadi cukup prihatin dengan kondisi Satpol PP, sebab statusnya tidak terakomodasi baik melalui pendekatan aparatur sipil negara (ASN) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Ia mengaku telah mendapat keluhan langsung ini dari Satpol PP saat berada di suatu acara beberapa tahun silam di Semarang.

“Kalau menurut saya nggak melanggar etik. Ini sebuah organisasi yang belum terakui secara baik, belum mendapatkan posisi yang jelas, posisi di ASN itu, maka ya wajar mereka bisa menyampaikan kepada siapapun,” kata Moeldoko saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, pada Rabu, 3 Januari 2024.

“Bisa saja mereka menyampaikan pada salah satu calon presiden. Mungkin bukan hanya ke mas Gibran, bisa saja ke calon yang lain karena itu bagian dari aspirasi mereka yang ingin mendapatkan perlakuan yang adil,” kata Moeldoko menambahkan.

Baru-baru ini tengah beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan sejumlah orang berseragam anggota Satpol PP Garut yang menyatakan dukungannya kepada Gibran, cawapres nomor urut dua.

“Kami dari Forum Komunikasi Bantuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Garut menyatakan Indonesia membutuhkan pemimpin muda di masa depan. Mas Gibran Rakabuming Raka, terima kasih,” demikian bunyi ucapan dari video yang beredar.

Diketahui, sampai berita ini diturunkan, pihak Satpol PP Kabupaten Garut tengah memeriksa pembuat video dan para anggota institusi yang tampil dalam video dukungan kepada putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Inline Related Posts  Bupati Garut Cek Pembangunan Infrastruktur di Desa Gunung Jampang Bungbulang

“Saat ini kaitan dengan video tersebut, sedang kami proses dengan provost Satpol PP Garut,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Satpol PP Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa 2 Januari 2024, dilansir dari pemberitaan Antara.

RED_FR