Wakil Bupati Garut Berencana Kembangkan Kawasan Wisata Alam Curug Cisagor Sukawening

oleh -9 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

WAKIL Bupati Garut dr. Helmi Budiman, di sela-sela kunjungan kerjanya di Kecamatan Sukawening, Minggu (05/07/2020), berkesempatan meninjau sentra pengrajin bilik bambu di Kampung Sumur, sekaligus mengunjungi wisata alam Curug Cisagor di Desa Sukasono.

Dalam kunjungan kerja tersebut Wakil Bupati didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Suharsono, anggota DPRD Garut Fraksi PKS Dede Solahudin, Perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Camat Sukawening U Khoerudin, Kepala Desa Sukasono H Wawan dan unsur lainnya.

Dikatakan Helmi, sentra pengrajin bambu ini menjadi satu pilar ekonomi yang sangat bagus, meski kegiatan mengayam bambu ada yang menjadikan kegiatan sambilan maupun menjadi mata pencaharian utama masyarakat sekitar.

“Setidaknya hal ini menjadi kegiatan produktif yang dapat menyambung ekonomi masyarakat, jadi perlu dikembangkan,” ungkap Helmi.

Selain itu, Wakil Bupati Helmi Budiman juga mengunjungi wisata alam Curug Cisagor di Desa Sukarsono. Dengan melihat langsung keindahan alamnya, Helmi berencana akan menjadikan tempat wisata alam dengan desain bambu dan bilik sebagai interior nuansa alamnya.

“Selain mengembangkan sentra pengrajin bambu yang ada didaerah tersebut, juga bisa menata wisata alam Curug Cisagor supaya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun luar daerah untuk datang berkunjung,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukasono H. Wawan mengatakan, pemandangan alam dan curug Cisagor punya daya tarik sendiri, masyarakat sekitarĀ  juga sudah lama memanfaatkan sebagai tempat rekreasi.

Dijelaskan Wawan, pemerintah desa saat ini sudah menyiapkan masterplan-nya untuk membuka akses jalan menuju lokasi supaya lebih mudah di jangkau.

“Karena selama ini akses jalan menuju lokasi wisata bisa ditempuh dengan waktu satu jam perjalanan dari desa Sukarsono,” ujar Wawan.

Selain wisata alam, kata Wawan, ada juga tempat atau situs-situs sejarah serta pemandian air panas di Desa Sukasono, yang sudah mulai penataan, hanya perlu didata agar bisa terpelihara, aset-aset milik pemerintah daerah terutama.

Camat Sukawening U Khoerudin menambahkan, lokasi ini merupakan tempat yang berpotensi untuk di jadikan tempat pariwisata daerah, walaupun tempat wisata ini harus ditata sedemikian rupa agar bisa menarik para wisatawan.

“Dengan adanya respon pimpinan agar destinasi wisata yang ada di daerah ini dikembangkan, saya mengucapkan syukur alhamdulillah, semoga dengan penataan sektor wisata menjadikan daerah ini lebih maju dan berkembang kedepannya,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.