Tim Monev Kecamatan Karangpawitan Puji Keberhasilan BUMDes Mart Desa Situgede

oleh -23 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

BUMDes Situgede yang diberi nama BUMDes Mart mendapatkan apresiasi dari Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tahun Anggaran 2020 kecamatan Karangpawitan Garut. Hal tersebut seiring dengan pelaksanaan monev  di desa Situgede yang terlihat berjalan sangat lancar.

Dalam Monev yang digelar di aula Desa Situgede, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Jawa Barat ikut hadir Kasi PMD Kecamatan Karangpawitan Agus M, AIPTU Dani Christian Kanit PROVOS Polsek Karangpawitan, Baminkomsos Koramil 1102/krp Serma Asep Saepul.M , Babinsa 1102/krp Serka Dede Rohman, Babinkantibmas Karangpawitan Bripka Rizal Muttaqin , BPD, LPM Desa Situgede dan Pendamping Desa, Kamis (12/11/2020).

Dalam sambutanya Kades Situgede, Dedi Suryadi mengatakan, dengan adanya BUMDes Mart ini diharapkan bisa ikut membantu perekonomian warga.

“BUMDes Mart ialah badan usaha milik Desa, jadi maksudnya dengan adanya BUMDes Mart ini warga bisa ikut berpartisiasi dalam meningkatkan perekonomiannya. Hal tersebut sejalan dengan salah satu fungsi BUMDes itu sendiri yakni harus ikut meningkatkan perekonomian warga” ucapnya.

Dalam monev tersebut AIPTU Dani Christian Kanit PROVOS Polsek Karangpawitan yang mewakili Kapolsek Karangapawitan mengatakan, dengan adanya monev ini kita bisa melakukan cross cek apabila ada kekurangan menyangkut administrasi maka bisa secepatnya dilengkapi. Oleh karena itu kami berharap kekompakan antara perangkat Desa dan Kepala Desa bisa tetap terjaga dengan baik.

Baminkomsos Koramil 1102/krp Serma Asep Saepul M yang mewakili Danramil 1102/krp mengatakan bahwa sesuai amanat dari pimpinan yaitu Danramil 1102/krp bahwa BUMDes di setiap Desa harus di cross cek, apakah sudah berjalan atau tidak, dan apabila tidak berjalan maka silahkan anggota BUMDes dengan Kades berkoordinasi. Khusus untuk BUMDes Mart karena sudah berjalan maka pertahankan dan tetap kordinasi dengan Kades agar kedepanya bisa lebih maju lagi BUMDes Martnya.

Dalam pantauan Fakta dan Realita tim Pendamping Desa yang ikut hadir yaitu Asep Hoerudin, Cecep Permana, Aap, Pipah Latifah, Yasir Nasrudin mengatakan bahwa yang di monev yaitu Administrasi, Pelaksanaan, Kontruksi, Status pajak Desa, Bumdes dan Perencanaan RKPDes 2021.

Selain itu Tim Pendamping Desa melalui Asep hoerudin menegaskan bahwa salasatu syarat agar Dana Desa tahap akhir bisa cair yaitu kelengkapan administrasi Desa dan penerapan Dana Desa sesuai.

Asep pun mensosialisasi Pergub no 55 tahun 2020 tentang daftar kewenangan Desa berdasarkan hak asal-usul dan kewenangan lokal bersekala Desa, jadi diharapkan setiap Desa membuat perdes tentang kewenangan Desa tersebut.

Seperti sebelumnya Asep mengatakan untuk anggaran Dana Desa 2021 dititik beratkan kepada :
– pemulihan ekonomi warga.
– ketahanan pangan warga.
– pendataan Desa.
– BLT dan
– PDTD.

Setelah melakukan pengecekan adminstrasi maka tim monev Kecamatan Karangpawitan melakukan penyurvaian kelokasi pembangunan salah satunya proyek hot mix dan drainase jalan Desa di kampung Jati sari dengan panjang 333 meter dan lebar 3,4 meter.

Reporter: Asep Prawita|Editor: Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.