Siswi SDN 03 Pakuwon Garut Kota Menjadi Juara 1 Lomba Mata Pelajaran Sains Versi GO Tingkat Nasional

oleh

Garut, Fakta dan Realita-

ADINDA Ayu Ramadhani siswi SDN 03 Pakuwon kecamatan Garut Kota berhasil meraih Juara 1 Lomba Mata Pelajaran Sains Tingkat Nasional yang diadakan oleh Genius Olympiad (GO).

Keberhasilan Adinda yang merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan Ade Kusdinar (ayah) dan Euis Saida (Ibu) yang tinggal di Perumahan Gandasari Indah desa Mangkurakyat kecamatan Cilawu tersebut, secara jelas terlihat dari hasil pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh pihak GO yang berpusat di Kediri Jawa Timur melalui situs milik GO pada hari Senin kemarin, tertanggal 14 September 2020.

Di pengumuman resmi tersebut tertera nama Adinda Ayu Ramadhani berada diurutan pertama, sebagai Juara 1 Lomba Mata pelajaran Sains. Adinda ini bahkan bisa mengalahkan siswa asal SDI Al-Azhar Surabaya yang merupakan sekolah favorit bertaraf Internasional yang harus puas sebagai juara ke-2.

Dengan pencapaian prestasi Adinda ini, selain berhasil mendapatkan Piagam Terbaik Juara 1 Lomba Mata Pelajaran Sains dari pihak GO, Adinda pun secara otomatis telah berhasil mengangkat nama baik SDN 03 Pakuwon, nama besar bidang pendidikan kecamatan Garut Kota, kabupaten Garut dan juga Propinsi Jawa Barat.

Foto Doc : Kepala SDN 03 Pakuwon, Rahmat S.Pd sedang memegang mix.

Kepala Sekolah SDN 03 Pakuwon Garut Kota, Rahmat, S.Pd mengatakan, apa yang telah dicapai Adinda Ayu Ramadhani ini sangatlah membanggakan, bayangkan disaat dunia pendidikan sedang diuji dengan adanya penyebaran Covid-19 yang telah mengubah kebiasaan belajar dari yang tadinya tatap muka menjadi daring dan luring, anak didiknya ini malah membuat prestasi yang membikin semua orang takjub dengan meraih Juara 1 Lomba Mata Pelajaran Sains Tingkat Nasional versi GO.

“Sebagai Kepala Sekolah, saya sampai kaget dan kehilangan kata-kata untuk mengungkapkan rasa bangga dan bahagia ini,” ungkap Rahmat yang akrab dipanggil Kang Amat, saat dikonfirmasi wartawan Fakta dan Realita di lokasi SDN 03 Pakuwon kecamatan Garut Kota, kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (15/09/2020).

Kang Amat memaparkan, keseharian dari Ananda ini, anaknya selalu ceria, selalu mau berbagi ilmu dengan semua teman-temannya, rasa keingin tahuannya besar, wawasannya cukup luas dibanding yang lainnya. Dari segi mata pelajaran, selain IPA (Sains), pelajaran Bahasa inggris dan matematikanya pun lumayan bagus.

“Sebetulnya sampai kelas 4, prestasi akademik Adinda masih biasa-biasa saja, baru bisa masuk ranking 10 besar, namun di kelas 5 anak ini mulai terlihat kemampuan sesungguhnya dengan berhasil masuk ranking 2 di kelasnya. Dan begitu ia memasuki kelas 6, tak disangka dan tak dinyana, Ia malah membuat kejutan dengan berhasil mendapatkan Juara pertama Lomba Sains,” kata Kang Amat.

Lanjut Kang Amat, Adinda itu anaknya gemar sekali membaca, di kelas 5 ia pernah mengikuti ajang Lomba Cerdas Cermat tingkat kecamatan mewakili SDN 03 Pakuwon, walaupun hasilnya belum maksimal. Adinda juga bercita-cita ingin menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) sama seperti kedua orangtuanya.

Foto: Kepala Sekolah SDN 03 Pakuwon Garut Kota, Rahmat S.Pd Bersama Adinda dan Bu Guru Lita serta Euis Saida (Ibunda Adinda).

Dengan prestasi yang ditorehkan Adinda ini, kata Kang Amat, ini menjadi bukti nyata bahwa upaya kedisiplinan dan kerja keras sangatlah penting ditanamkan dan dibiasakan sejak dini kepada anak-anak kita, meskipun situasi belajar saat ini tidak seperti biasanya.

“Keberhasilan yang diraih Adinda ini adalah sebuah contoh nyata yang harus dijadikan pelajaran oleh kita semua, bahwa dengan melakukan kedisiplinan dan kerja keras yang maksimal, seseorang pasti mempunyai peluang besar untuk mewujudkan apa yang diinginkannya,” ucap Kang Amat.

Kang Amat berharap, kedisiplian dan kerja keras yang ditunjukkan Adinda ini, bisa menjadi inspirasi bagi siswa-siswi lainnya. Dengan melakukan kedua hal itu, maka bisa dipastikan mereka nantinya akan memiliki kepribadian dan jiwa optimistis, serta selalu berpandangan kedepan. Yang namanya keberhasilan itu adalah buahnya, sebab tanpa mereka sadari pun keberhasilan akan serta merta mengikutinya.

“Bukan hanya karena faktor kebetulan ataupun keberuntungan saja, tapi faktor semangat, kedisiplinan dan kerja keraslah yang membuat Adinda bisa Juara. Jujur, awalnya saya sama sekali tak menyangka Adinda ini bisa menjadi juara, peluang dia sangat tipis, mengingat para peserta yang menjadi saingannya begitu berat dan bahkan bisa dikatakan super berat karena berasal dari beberapa sekolah bertaraf Internasional, namun nyatanya sungguh diluar dugaan, dengan se-izin Alloh SWT akhirnya Adinda bisa menjadi yang terbaik,” ujar kang Amat seolah tak menyangka.

Kang Amat pun sangat bersyukur dengan dengan keberhasilan anak didiknya ini, untuk itu ia mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua Guru, staf, dan segenap orang tua murid yang telah memberikan dukungan, motivasi dan do’anya hingga Adinda bisa berhasil menorehkan nama SDN 3 Pakuwon Garut Kota di tingkat nasional.

“Wabil khusus saya mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada Adinda dan kedua orangtuanya atas keberhasilan yang didapat ini, pokoknya selamat anakku (Adinda) !! semoga engkau menjadi anak yang sukses, solehah dan berbakti pada kedua orangtuamu serta pula dapat berbakti pada nusa, bangsa dan agama, amiiin yaa robbal alamiin,” pungkas Kang Amat.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

Berikut Pengumuman Perlombaan Mata Pelajaran Sains Versi Genius Olympiad (GO) :

No More Posts Available.

No more pages to load.