SDN 4 Sukanegla Garut Kota Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024

Oleh: Wena Hanafia (Pimred FR)

Info634 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta & Realita-

DALAM rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Garut bersama Yayasan Bakti Barito dan Star Energy Geothermal memberikan Penghargaan Sekolah Adiwiyata kepada 31 sekolah terpilih tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK yang dinilai telah berjasa dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2024 ini berlangsung di Halaman Kantor Dinas LH Garut, Jl. Terusan Pahlawan, Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kab. Garut, Jawa Barat, Rabu (5/6/2024).

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekda Garut, H Nurdin Yana, Kepala Dinas LH Garut Jujun Juansyah beserta Jajaran, Perwakilan Yayasan Bakti Barito, Perwakilan Perusahaan Star Energy Geothermal dan Perwakilan 31 Sekolah Penerima Penghargaan Adiwiyata.

Kepala Dinas LH Garut, Jujun Juansyah kepada Media FR menyebutkan, penghargaan Sekolah Adiwiyata diberikan secara khusus kepada sekolah-sekolah yang memiliki wawasan dalam berbudaya lingkungan hidup di sekolahnya.

“Kriteria penilaian Penghargaan Adiwiyata meliputi 4 aspek yaitu, Aspek kebijakan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup; Aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan hidup; Aspek kegiatan lingkungan di sekolah berbasis partisipatif; Aspek Pengelolaan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang ramah lingkungan,” terang Jujun.

Jujun menyebut, salah satu ciri-ciri sekolah Adiwiyata adalah adanya taman. Taman sekolah Adiwiyata sering kali ditumbuhi oleh tanaman berwarna-warni untuk mempercantik dan memperindah lingkungan sekolah.

“Tentunya, dengan keberadaan taman ini, murid dan guru diharapkan bisa lebih merasa nyaman selama proses belajar dan mengajar,”ucapnya.

Jujun berharap, dengan adanya program Sekolah Adiwiyata para guru, siswa dan masyarakat di sekitar sekolah akan menyadari bahwa menjaga kelestarian lingkungan itu sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup kita.

Inline Related Posts  PGRI Garut Kota Salurkan Sedekah Ramadhan Untuk 100 Penjaga Sekolah

“Apabila lingkungan di sekitar sekolahnya telah  bersih dan hijau, maka segala bentuk kegiatan sekolah pun pastinya akan berjalan dengan baik dan lancar karena kesehatan orang-orangnya juga selalu terjaga baik,” tutur Kadis LH Garut.

Sementara itu, Kepala SDN 4 Sukanegla Garut Kota, Ajat Sudrajat, salah satu pemenang penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2024 kategori “Best Effort II Tingkat SD/MI” Se-kabupaten Garut, mengaku sangat bangga dan terharu dengan pencapaian prestasi sekolahnya di bidang lingkungan hidup.

Menurut Ajat, Penghargaan Sekolah Adiwiyata yang baru pertama kalinya ini, bisa diraih berkat hasil kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan guru-guru, siswa, orangtua, dan masyarakat sekitar yang selalu peduli terhadap lingkungan hidup di sekitar sekolah.

“Alhamdulillah di sekolah kami, budaya kedisiplinan terhadap lingkungan sekitar terus tumbuh. Kami punya prinsip ‘apabila kita peduli dan cinta pada bumi, maka bumi pun akan peduli dan cinta pada kita’. Maka dari itu, kami pun berkomitment untuk terus berupaya membentuk karakter anak-anak agar terbiasa dalam menjaga kelestarian lingkungan di masa depan,” ujarnya.

Ajat mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas LH Garut, Yayasan Bakti Barito dan Star Energy yang selama ini terus mensupport seluruh elemen SDN 4 Sukanegla untuk semakin peduli dan cinta terhadap lingkungan.

“Terimakasih atas kepercayaan, sehingga kita bisa mendapatkan penghargaan Adiwiyata tahun ini. Dengan prestasi ini, tentunya kami semakin terpacu untuk bisa lebih baik lagi dalam menjaga lingkungan hidup alam sekitar, terutama dalam hal kebersihan sampah dan penghijauan,” pungkas Ajat Sudrajat.

RED_FR