Ribuan Sapi Milik Rakyat di Bireueun Sudah di Inseminasi Buatan (IB)

oleh -75 Dilihat

Bireuen, Fakta dan Realita-

DINAS Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bireuen pada tahun 2021 telah melakukan Inseminasi Buatan (IB) kepada 4800 ekor sapi.

Hal itu dikatakan Kadis Pertenakan dan Kesehatan Hewan Bireuen, drh. Liza Rozana beberapa hari lalu kepada Fakta dan Realita.Com diruang kerjanya.

Menurut Liza, Inseminasi Buatan (IB) pada sapi (kawin suntik) adalah  suatu cara atau teknik untuk memasukkan mani (spermatozoa atau semen) yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat
kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yang disebut ‘insemination gun‘, sedangkan tujuan Inseminasi Buatan (IB) ini diantaranya
memperbaiki mutu genetika
ternak,sekaligus meningkatkan angka kelahiran dengan cepat dan teratur.

“Untuk Kabupaten Bireuen sendiri yang lebih diperioritaskan adalah jenis sapi simental dan Brahmana. Target kita sekitar 12.000 strow, untuk bisa melahirkan bibit sapi unggul,” jelas Liza Rozana, yang pada saat diwawancarai tengah bersama Sekretarisnya, drh. Nanda Dewi dan Nazli SP, MSM selaku Kepala Bidang Pembibitan dan Produksi.

Liza menambahkan, agar terlaksananya kegiatan inseminasi buatan (IB) ini, pihak Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Bireuen telah menurunkan sebanyak 33 orang petugas di lapangan.

“Dengan adanya program Inseminasi Buatan (IB) pada sapi atau (kawin suntik) ini, saya sangat mengharapkan agar jumlah sapi rakyat di Kabupaten Bireuen, bisa terus bertambah, apalagi Bireuen saat ini tergolong sebagai daerah potensial nomor 2 se-propinsi Aceh dalam pengembangan sapi ternak,” pungkas Liza Rozana.

Reporter : Hendra G| Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.