27 Februari 2021

Fakta & Realita

Berita Harian Terkini, Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terpercaya Terlengkap Seputar Priangan

PGRI Garut Kota Gelar ‘Jum’at Berkah’ di Mesjid Ar-rasyid Sukamentri

Garut, Fakta dan Realita-

LAGI dan lagi, seakan tak pernah lelah dan tak ada habisnya dalam berbuat kebajikan. Demikian ungkapan yang pantas disandangkan pada sepak terjang para pejuang PGRI Garut Kota dalam melakukan rutinitas shodakoh berupa pembagian makanan ke mesjid-mesjid Jum’at, yang kali ini mengambil tempat di Masjid Ar-rasyid, kampung Pajagalan, kelurahan Sukamentri, kecamatan Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Jum’at (19/ 02/2021).

Pelaksanaan Jum’at Berkah di Mesjid Ar-rasyid yang lokasinya berada tak jauh dari komplek SDN Sukamentri 3, 4 dan 5 ini, merupakan yang keenam kalinya digelar, setelah pada Jum’at-Jum’at sebelumnya pun, PGRI Garut Kota telah menggelar kegiatan serupa di sejumlah mesjid lainnya.

Pada gelaran baksos di Masjid Ar-rasyid ini, selain kehadiran Ketua dan segenap pengurus PGRI Garut Kota serta sejumlah Kepala Sekolah, hadir pula Korwil Bidang Pendidikan kecamatan Garut Kota, Anita Istiani S.Pd, M.Pd yang tampak setia, tak pernah absen dalam berbagai kegiatan yang PGRI Garut Kota lakukan.

Ketua PGRI Garut Kota, Rahmat S.Pd yang akrab dipanggil Kang Amat mengatakan, syukur alhamdulillah kegiatan Jumat Berkah PGRI Garut Kota telah berhasil digelar untuk yang keenam kalinya. Jumat Berkah adalah salah satu agenda rutin dari PGRI dalam menyalurkan sebagian rejeki para Hamba Alloh kepada para jemaah mesjid Jum’at dalam bentuk pembagian makanan.

“Ini semacam shodaqoh. Jadi snack dan makanan yang berasal dari sumbangan para hamba Alloh tersebut, kita bagikan langsung kepada Para Jemaah shalat Jum’at melalui perantara ibu-ibu pengurus PGRI. Untuk mesjid tempat kegiatan Jum’at Berkah ini, kita proritaskan bagi mesjid-mesjid Jum’at yang berdekatan dengan lokasi sekolah,” ucap Kang Amat

Kang amat menyampaikan, Atas nama pengurus dan anggota PGRI Garut Kota, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan mendukung acara Jum’at Berkah ini. Apresiasi tinggi kepada Ibu Korwil Bidang Pendidikan Garut Kota yang selalu menyempatkan diri untuk hadir di acara kami ini.

“Begitupun kepada para Hamba Alloh yang telah memberikan sebagian rejekinya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Insya Alloh kami ini akan memegang teguh amanah yang bapak/ibu berikan. Nyatanya, semuanya hari ini langsung kita salurkan kepada para jemaah Masjid Ar-rasyid. Kami doakan semoga niatan baik ini menjadi pahala kebaikan yang berlipat-lipat bagi kita semua di Yaumil Jaza nanti,” harapnya.

Kang amat menuturkan, pelaksanaan “Mesjid to Mesjid” di Mesjid Ar-rasyid ini bisa dikatakan mengulang sejarah dan memiliki arti tersendiri, karena selain  memberikan shodaqoh langsung di mesjid yang menjadi kebanggaan Ketua PGRI masa lampau yakni Bapak Haji Ijan (Alm), kami pun bisa sambil bertakziah kepada beliau (Haji Ijan) ini.

“Semoga Almarhum Pak Haji Ijan khusnul khotimah dan tenang di alam kuburnya, tatkala melihat kiprah generasi penerus perjuangan PGRI sekarang ini, ‘amiin yaa Robbal alamin’,” ungkap kang Amat.

Sementara itu, Korwil Bidang Pendidikan Garut Kota, Hj. Anita Istiani S.Pd, M.Pd, didampingi ibu-ibu pengurus PGRI Garut Kota mengatakan, dengan terus berlanjutnya kegiatan Jum’at Berkah ini, maka hal ini semakin membuatnya yakin bahwa PGRI Garut Kota di kepemimpinan Kang Amat sekarang ini akan terus bergerak dan dinamis.

“Bukannya mengada-ngada, sepanjang yang saya ingat, sejak berkecimpung di dunia pendidikan, rasanya, baru kali ini PGRI Garut Kota sehebat ini. Saya salut, PGRI lebih kompak, lebih hidup, inovatif dan kaya akan terobosan baru,” ujar Anita.

Di tempat yang sama, Sekretaris PGRI Garut Kota, Priyatna S.Pd kepada Media Fakta dan Realita menyampaikan, untuk  dana kegiatan pembagian makanan pada Jum’at Berkah di mesjid Ar-rasyid kali ini, semuanya murni merupakan sumbangsih dari para Kepala Sekolah di Garut Kota.

“Alhamdulillah, sepengetahuan kita untuk Jum’at Berkah ini, dari minggu ke minggu, kami terus mendapatkan respon dan dukungan yang baik dari berbagai pihak, tak terkecuali antusiasme para agnia yang telah memberikan sebagian harta miliknya. Betapa tidak, sampai tanggal 12 Maret bulan depan saja, menurut catatan yang ada pada kami, telah banyak sekali para hamba Alloh (agnia) yang menyatakan siap untuk membantu pelaksanaan Jum’at Berkah ini,” paparnya.

Dikatakan Priyatna, pada acara Jum’at Berkah selanjutnya, pelaksanaanya akan sedikit berbeda dengan kegiatan yang digelar hari ini. Nanti itu, acaranya akan lebih padat dari yang sekarang, pasalnya  bertepatan dengan ‘Jum’at ke-4’.

“Pada Jum’at Ke-4, acaranya kita tambah dengan Pemberian Sembako kepada para Penjaga Sekolah. Jadi, seluruh pengurus PGRI telah sepakat bahwa pelaksanaan Jum’at Berkah minggu keempat, selain pembagian makanan di mesjid, kita pun akan membagikan sejumlah Paket Sembako kepada Para Penjaga Sekolah, yang tempatnya kita pusatkan di kantor PGRI Garut Kota, sama seperti minggu keempat di bulan sebelumnya,” Jelasnya.

Priyatna berharap, pada pelaksanan Jum’at Berkah minggu keempat nanti, mudah-mudahan kegiatannya bisa berjalan dengan lancar dan sukses, sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kita semua.

“Bagi yang ingin berpartisipasi dalam amal kebajikan ini, silahkan pintu kami selalu terbuka lebar dalam menyalurkan amanah/titipan bapak/ibu sekalian. Teknisnya, bisa langsung datang ke Kantor PGRI Garut Kota atau bisa pula dititipkan melalui pengurus dan anggota PGRI terdekat,” pungkas Priyatna.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

Bagikan :
error: Protect !!!