Perkuat Keutuhan NKRI, Kodim 0611/Garut Gelar Kegiatan Pembinaan Jarak Jaring Teritorial TW IV TA.2020

oleh -3 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

BERTEMPAT di Aula Graha Bhakti Kodim 0611/Garut Jalan Veteran kelurahan Pakuwon Garut Kota, Senin (12/10/2020), Dandim 0611/ Garut menggelar kegiatan tatap muka dan silaturahmi bersama para Danramil, Babinsa, dan Mitra Karib se-wilayah Kodim 0611 Garut pada acara bertajuk Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial TW IV TA.2020.

Dalam sambutannya, Dandim 0611/Garut Letkol CZI Dr Deni Iskandar ST, M Han, MDM, Can mengatakan, penyelenggaraan kegiatan pembinaan peta jarak jaring teritorial ini dilakukan sebagai wujud pembinaan terhadap para mitra karib.

“Dalam rangka mencapai keberhasilan tugas pokok dan fungsi TNI-AD dalam melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial, salah satu pengaplikasiannya dengan cara merekrut para Mitra Karib,” terang Dandim.

Para Mitra Karib yang terpilih, kata Dandim, nantinya akan dibina sebagai kepanjangan tangan dari aparat komando kewilayahan dalam upaya mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya.

“Fungsi teritorial merupakan Center of Gravity kekuatan pertahanan TNI sehingga TNI pun wajib membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.,” ujarnya.

Dalam kedudukannya sebagai alat pertahanan negara, TNI juga mempunyai beberapa tugas pokok yang harus dilakukan, yaitu menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar ’45.

“Serta harus melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” tambahnya.

Dengan diadakannya pembinaan peta jarak jaring teritorial inipun, Dandim berharap nantinya Kegiatan Deteksi dini, Cegah Dini dan Sistem Lapor cepat dapat berjalan lebih lancar. Terkait sasaran yang ingin dicapai, Ia menginginkan para Mitra Karib dapat lebih meningkatkan kemampuannya agar lebih berdaya guna dan lebih terarah.

“Dengan terbentuknya mitra karib baru maka pembuatan peta jarak jaring teritorial di satuannya dinilai akan lebih optimal dan sempurna,” ungkap Dandim 0611/Garut.

Dandim juga berharap, kegiatan ini dapat pula mendorong keberhasilan TNI AD dalam melaksanakan pembinaan teritorial sesuai tupoksinya saat ini.

“Guna mendukung dan mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, maka setiap prajurit Satkowil di dalam melaksanalan tugasnya harus memiliki kemampuan berkomunikasi, wawasan pengetahuan yang luas dan juga senantiasa dapat menjadi panutan dan suri tauladan,” harapnya.

Di akhir sambutannya, Dandim berdo’a, semoga tuhan yang kuasa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan juga kekuatan pada kita semua, sehingga kita tetap dapat berkarya demi terwujudnya kesejahteraan bangsa dan negara.

Reporter : Wita | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.