Peringati HJG Ke-208, Bupati Rudy Lakukan Prosesi Tabur Bunga di Makam Bupati Garut Pertama

oleh -1 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

RANGKAIAN Peringatan Hari Jadi Garut ke-208 tahun ini, Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH, MH, MP bersama Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman dan Unsur Forkopimda Garut, Unsur pimpinan DPRD Garut, serta Pejabat dan Tokoh lainnya melakukan Prosesi Tabur Bunga di makam RAA Adiwijaya yang merupakan Bupati Pertama kabupaten Garut pada masa pemerintahan tahun 1813, semasa nama Garut masih bernama Kabupaten Balubur Limbangan, Senin (15/02/2021).

Diketahui, melakukan ziarah kubur dan prosesi tabur bunga di makam leluhur pemimpin Garut Pertama yang berada di Kampung Cipeujeuh, RT 03 RW 14, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota tersebut, belakangan ini telah menjadi agenda wajib para Bupati Garut dari masa ke masa. Pelaksanaan Ziarah kubur tersebut, biasanya mereka jalani 1 (satu) hari sebelum pelaksanaan Hari Jadi Garut (HJG) yang digelar pada keesokan harinya di setiap tahunnya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan dalam kesempatan tersebut mengatakan, prosesi tabur bunga ini merupakan sebuah bentuk penghormatan terhadap Pemimpin Garut terdahulu, disaat mereka memimpin Garut dalam masa yang sangat sulit.

“Ini merupakan bentuk penghormatan kami terhadap pendiri Garut. Jadi ini sebagai penghormatan kepada sesepuh Garut pertama, yang kala itu memimpin pada masa-masa sulit. Dulu ‘kan, tahun 1813 sulit. Dan tentu, kita pun wajib memberikan penghormatan sekaligus berziarah dan berdoa untuk almarhum para pemimpin Garut yang telah mendahului kita semua ini,” kata Bupati Garut, saat ditemui Tim Media FR, Senin.

Bupati Rudy juga menyatakan, pada tahun ini Peringatan Hari Jadi Garut akan digelar secara sederhana dengan dibarengi penegakan disiplin protokol kesehatan yang cukup ketat, mengingat masa pandemi covid-19 sama sekali belum usai. Dalam acara HJG ini pun akan dilaksanakan dengan dua agenda pokok yaitu Upacara Peringatan HJG di Alun-alun Garut dan rapat paripurna bersama DPRD kabupaten Garut.

“HJG sekarang, kita lakukan dengan protokol kesehatan. Kita hanya akan menggelar upacara dan rapat paripurna di DPRD. Selanjutnya kita akan isi dengan sejumlah kegiatan bakti sosial di beberapa tempat,” ujar Bupati.

Terpantau Media FR, pada senin kemarin, Bupati Garut selain melakukan ziarah kubur ke makam Bupati Garut Pertama, RAA Adiwijaya, Ia pun bersama rombongan berziarah kubur di komplek pemakaman Hoofd Panghoeloe RHM Moesa, yang diketahui disana terdapat makam sesepuh Garut tenama pula yakni makam RA Lasminingrat yang merupakan Tokoh pergerakan kaum perempuan pribumi masa dulu, yang telah berjuang dengan gigih membela hak-hak kaum perempuan, seperti halnya RA Kartini, Pahlawan Perempuan Indonesia.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.