Penerapan ‘New Normal’ di Garut Dilaksanakan Secara Bertahap

oleh -8 Dilihat

Garut, faktadanrealita.com-

WAKIL Bupati Garut dr. Helmi Budiman mengatakan, mulai hari ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) kabupaten Garut mulai masuk kerja dengan menerapkan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB), dan untuk yang lainnya akan dilakukan secara bertahap.

“Jadi new normal di Kabupaten Garut hari ini dilaksanakan sesuai dengan masuknya para ASN masuk kantor, dan setelah itu kita lakukan secara bertahap di lembaga pendidikan, tempat ibadah, hotel, sarana wisata dan lainnya.,” kata Helmi Budiman, Jumat (05/06/2020).

Ditambahkan Helmi, persiapan new normal atau AKB di Kabupaten Garut sudah dilakukan sejak pekan lalu, meskipun persiapannnya belum penuh, namun masyarakat bisa memulai adaptasi ini.

“Adaptasi itu penting agar masyarakat terbisa dengan kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan dalam segala aktifitas kesehariannya,” kata Helmi.

Helmi berharap, tempat peribadatan baik milik pemerintah atau masyarakat diwajibkan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan. Pihaknya sudah menugaskan Kabag Kesra Garut untuk mengawasi terkait SOP protokol kesehatan Covid-19 di tempat peribadatan.

“Tadi saya shalat Jumat di masjid Setda, dan sudah diberlakukan SOP protokol kesehatan Covid-19, walaupun ini harus ada perbaikan-perbaikan,” tuturnya.

Helmi menambahkan, tempat wisata dan tempat hiburan juga boleh dibuka namun harus berkoordinasi dengan dinas terkait. Pasalnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para penyedia jasa wisata dan hiburan mengenai protokoler Covid-19 yang harus dijalankan.

“Boleh buka tapi koordinasi dengan dinas terkait, nanti mereka akan melapor ke Gugus Tugas Covid-19, tempat mana saja yang sudah buka dan menjalankan protokol kesehatan,” kata Helmi.

Dikatakan Helmi, terkait pembukaan sekolah, pemerintah daerah belum bisa membuka sekolah dalam waktu dekat karena faktor kesehatan,  kemungkinan baru bisa dibuka pada bulan Desember 2020 atau sesuai intruksi pemerintah pusat.

“Kemungkinan pembukaan sekolah masih lama di bulan Desember 2020, namun Kita persiapkan juga secara bertahap sambil tunggu instruksi dari pusat,” pungkasnya.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.