Makanan Olahan Khas Cikoneng “RENDOS” Yang Bikin Ketagihan

oleh -3 Dilihat

Ciamis, faktadanrealita.com

Kekayaan alam Indonesia akan rempah – rempahnya menjadikan olahan khas daerah semakin berlimpah ruah. Salah satu diantaranya adalah olahan makanan khas Cikoneng Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat yakni “rendos” yang memiliki cita rasa sangat enak.


Pada saat tim faktadanrealita.com berkunjung ke kediaman Erni Ristiani warga Kp / Desa Gegempalan Kec. Cikoneng, Minggu 8 Juni 2020, secara kebetulan disuguhi makanan “rendos” karya para srikandinya alumni SMK PGRI Cikoneng Ciamis jurusan MB 2. “Awalnya terasa aneh melihat bumbu dan bahan yang di olah menjadi satu makanan yang mirip dengan ketoprak itu. Tak sedikitpun terbayang akan kelezatan rasanya, namun setelah tercium aromanya yang lezat, lidah pun seakan menari dan penasaran ingin segera mencobanya. Benar saja, “rendos” olahan khas Cikoneng ini sangat uenaaaak sekali..”, ujar Deti Kurnia, Dede Eni Nurhayati, David Mulya dan Meida yang kebetulan sedang berada di lokasi seraya mencicipi “rendos” buatan Erni Ristiani.


“Bumbu dan bahan – bahannya sih cukup sederhana, ada garam, gula, cikur, bawang putih, muncang, cabe rawit dan kacang (suuk) yang digoreng kemudian direndos halus, sesudah itu pakai air secukupnya lalu bahannya ada so’un besar, kerupuk sangrai produk asli Cikoneng, toge dan timun di masukan kemudian diaduk sampai bumbunya merata, mudah sekali bukan”, ujar Erni Ristiani. Bagi yang ingin mencoba “rendos” olahan khas Cikoneng, silahkan ikuti cara diatas. Semoga sukses, ujar Erni diamini para srikandi alumni SMK PGRI Cikoneng lainnya.***

Reporter Liputan : Irfans Hasanudin

No More Posts Available.

No more pages to load.