Mahad Aly Baiturrahman Staipi Garut Gelar Acara Tabligh Umum dan Bagikan Baksos Pada Masyarakat

Berita Utama, Garut1071 Dilihat
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Garut, Fakta dan Realita

STAIPI GARUT – Pesantren Mahasiswa STAI Persis Garut, (Ma’had ‘Aly Baiturrahman) sukses selengarakan acara Tabligh ‘Am (Umum) dan Ifthor Jama’i sekaligus pembagian baksos untuk warga.

Acara ini telah sukses diselenggarakan di Gedung Aula Kampus STAI Persis Garut, kecamatan Ciawitali, pada hari Sabtu (1/5/2021) berlangsung dengan cukup meriah.

Selain dihadiri oleh para mahasiswa, acara ini turut di hadiri oleh beberapa dosen serta warga Ciawitali yang terdiri dari tokoh masyarakat, bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anak juga turut antusias menghadiri acara tersebut.

Adapun beberapa dosen yang hadir diantaranya ialah Ustadz Barikli Mubaroka, M.Ag sebagai perwakilan Direktur Ma’had Aly Baiturrahman dan Ustadz Heri Ahmad Tohari sebagai wakil 3 kemahasiswaan di STAI Persis Garut.

Tabligh ‘Am ini di isi oleh Ustadz Irfan Kasyaf Noerfiqhy, Lc., M.Ag. yang merupakan seorang aktivis dakwah, sekaligus pengajar di beberapa sekolah di Garut juga dosen tetap di Kampus STAI Persis Garut.

tema yang diusung oleh panitia dalam kegiatan ini adalah “Menjadikan Ramadhan sebagai Bulan Tarbiyatun nafs”.

” Diusungnya tema tersebut bertujuan agar kaum muslimin, khususnya para mustami’ yang hadir, dapat menanamkan serta mampu menjadikan segala amal ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan seperti shaum (puasa), tadarus, i’tikaf, shalat tarawih dan ibadah lainnya sebagai media dalam mendidik jiwa dan membina batin untuk bertransformasi menjadi hamba Allah yang bertaqwa,” tutur Helmi jamaludin ketua pelaksana.

Fikri Adifillah ( koordinator panitia ) mengatakan bahwa acara Tabligh ‘Am dan Ifthor Jama’i ini merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan “Semarak Ramadhan” yang telah berlangsung sejak tanggal 3 Ramadhan 1442 H/15 April 2021 M.

Inline Related Posts  Bupati Garut Lakukan Peletakan Batu Pertama Gedung Bamboo Creative Center Selaawi Garut

Menurutnya, bentuk kegiatan dalam Semarak Ramadhan tersebut diantaranya Pesantren Kilat (Paskil) , tahfizh Al-quran, kultum, i’tikaf, baksos, tabligh akbar dan lain sebagainya.

” Adapun yang menjadi sasarannya yaitu mahasiswa Ma’had ‘Ali Baiturrahman, masyarakat serta anak-anak tingkat diniyyah yang berada di Ciawitali,” ujarnya.

“Adapun yang diselenggarakan pada hari ini, tanggal 1 Mei 2021, ialah penutupan pesantren kilat kemudian Tabligh ‘Am dan diakhiri dengan Ifthor Jama’i atau buka bersama”. tutur Fikri.

Di penghujung acara tersebut terdapat sesi pembagian syahadah atau sertifikat penghargaan kepada anak-anak yang telah mengikuti pembelajaran di Pesantren Kilat.

Selain itu menurut Fikri, ada juga pembagian baksos berupa sembako bagi warga Ciawitali yang membutuhkan serta pemberian takjil gratis.

“Dana baksos yang disediakan itu ditujukan untuk 50 orang warga yang sebelumnya sudah ada datanya di Amil Zakat. Adapun untuk takjil gratis dan makan gratis kami menyiapkan untuk 200 orang.”tambahnya.

Ustadz Barikli Mubaroka, M.Ag. juga memberikan tanggapan sekaligus apresiasi atas terselenggaranya acara puncak Semarak Ramadhan ini dalam sambutannya.

“Saya selaku pengurus Ma’had ‘Aly Baturrahman, STAI Pesis Garut merasa senang sekaligus bangga terhadap mahasantri yang mengadakan acara ini, semoga menjadi titik awal serta motivasi untuk ke depannya agar kegiatan ini terus berjalan.” Ungkapnya.

Reporter: Taofik Rofi N|Editor: Red_FR ()