Korwil Pendidikan Garut Kota Dukung Penuh Program Sekolah Tatap Muka Bupati Garut

oleh -39 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

PELAKSANAAN Sekolah Tatap Muka di kabupaten Garut, kini mulai menemui titik terang. Hal tersebut seiring dengan adanya program ‘Ayo Masuk Sekolah’ yang didengungkan oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunawan SH, MH, MP yang akan dilaksanakan di empat sekolah dasar  percontohan yang ada di kecamatan Garut Kota pada tanggal 22-28 Maret 2021 mendatang. Keempat sekolah yang menjadi percontohan tersebut yakni SDN Kota Kulon 1, SDN Regol 10, SDN Regol 13 dan SDIT Muhamaddiyah 1.

Keempat sekolah tersebut, sebelumnya telah dievaluasi dan ditetapkan menjadi sampel penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) oleh Kementerian Pendidikan, sebagai bagian dari rencana pemerintah dalam membuka kembali PTM secara menyeluruh.

Korwil Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Hj. Anita Istiani S.Pd. M.Pd saat dihubungi melalui aplikasi WA miliknya, Selasa (17/03/2021) mengatakan, sangat menyambut baik dan juga siap mendukung program ‘Ayo Masuk Sekolah’ yang digelorakan oleh Bupati Garut.

“Program tersebut telah disampaikan ke sekolah-sekolah, dan hasilnya semua menyambut baik dengan penuh sukacita terkait rencana ini,” kata Anita.

Adapun untuk tahap percobaan PTM ini, lanjut Anita, empat sekolah dasar di kecamatan Garut Kota telah dievaluasi pihak Kementerian Pendidikan untuk dijadikan sampel PTM, sebagai persiapan jika sekolah tatap muka menyeluruh resmi digelar di tahun ajaran baru yang akan datang.

“Beberapa hari lalu di SDN Regol 13 Garut Kota, dari Kementerian Pendidikan telah memberikan panduan tentang syarat-syarat penyelenggaraan PTM. Dan, Insya Alloh kami pun telah siap dengan segala persyaratan yang diminta. Bahkan, kami pun saat ini masih terus mengadakan evaluasi ulang ke sekolah-sekolah yang menjadi sampel tersebut, untuk memastikan kesiapan sarana prasarana protokol kesehatannya. Kami ingin mereka benar-benar siap seratus persen dalam percontohahan PTM ini,” ucap Anita.

Anita menambahkan, meskipun hanya empat sekolah yang dievaluasi dan dijadikan percontohan PTM oleh pihak Kementerian Pendidikan, namun secara keseluruhan sekolah-sekolah lainnya yang ada di wilayah Garut Kota, baik  negeri maupun swasta, semuanya telah siap.

“Selaku Korwil Garut Kota, saya nyatakan siap, jikalau nantinya sekolah-sekolah yang ada di wilayah kami ini diharuskan menggelar PTM sesuai dengan rencana Bupati Garut, yang katanya akan digelar setelah lebaran nanti,” pungkas Anita.

Senada dengan Korwil Garut Kota, ditemui Media Fakta dan Realita di kantornya, Korwas Pendidikan Garut Kota, H. Memet M Sobur S.Pd, M.Pd mengatakan, sangat menyambut baik dengan adanya program ‘Ayo Masuk Sekolah’ yang diluncurkan oleh Bupati Garut. Program ini penting dilakukan guna memperlancar pembukaan kembali sekolah tatap muka yang selama ini telah kita nanti-nantikan.

“Berdasarkan pantauan dan juga laporan dari Pengawas Bina, fasilitas protokol kesehatan di seluruh sekolah yang ada di lingkungan Korwil Dinas Pendidikan Garut Kota sejauh ini telah siap. Oleh karena itu, untuk program PTM ini, saya rasa seratus persen mereka telah siap,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua K3S Garut Kota, H. Ahmad S.Pd dalam pernyataannya mengatakan, pada prinsipnya semua sekolah yang ada di kecamatan Garut Kota sangat merespon baik sekaligus mendukung gerakan ‘Ayo Masuk Sekolah’ yang dicanangkan Bupati Garut pada tanggal 22 hingga 28 Maret 2021 ini.

“Bahkan jikalau boleh, semua Sekolah Dasar di Garut Kota pun siap dijadikan percontohan untuk melaksanakan KBM tatap muka, karena kami sejauh ini telah mempesiapkan semua protokol kesehatan yang diperlukan sebagai syarat KBM Tatap Muka. Intinya, kami siap, jika diperitahkan untuk melaksanakan KBM Tatap Muka,” ungkap Ahmad.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua PGRI Cabang Garut Kota, Ajat Sudrajat S.Pd, M.Pd mengatakan, PGRI Garut Kota sangat mengapresiasi dan menyambut baik program PTM yang diluncurkan Bupati Garut ini.

“Kami jajaran pengurus cabang PGRI maupun ranting-ranting dibawah sangat senang dan mendukung langkah Bupati Garut dalam persiapan pelaksanaan PTM ini,” pungkas Ajat dengan singkat.

Sambutan baik atas program Bupati Garut juga disampaikan Kepala Sekolah SDN Regol 13 Garut, Hj. Yuningsih S.Pd.  Ia mengucapkan syukur Alhamdulilah karena sekolahnya telah dipercaya oleh pihak Kementerian Pendidikan menjadi salah satu sekolah percontohan di kabupaten Garut pada pelaksanaan PTM ini.

“Kami, SDN Regol 13 Garut Kota bersama Tiga sekolah dasar terpilih lainnya yang  menjadi sekolah percontohan PTM, dengan segala fasilitas protokol kesehatan yang ada, tentunya sangat siap sekali dalam melaksanakan program pemerintah ini,” pungkas Hj. Yuningsih.

Reporter : Iwan H| Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.