Kecamatan Tarogong Kidul Garut Segera Miliki Objek Wisata Bumi Perkemahan

oleh -22 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

KECAMATAN Tarogong Kidul Garut boleh berbangga hati karena dalam waktu tidak lama lagi, kecamatan tersebut segera memiliki objek wisata edukasi baru. Hal itu seiring dengan pencanangan Embung desa Cibunar sebagai Bumi Perkemahan pada kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-18 Kecamatan Tarogong Kidul yang dihadiri langsung Bupati Garut, pada hari Minggu (20/12/2020) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Garut H. Rudy Gunawan SH, MH, MP dengan lugas mengatakan, pemkab Garut akan segera menjadikan Embung desa Cibunar sebagai Bumi Perkemahan di kabupaten Garut dalam waktu dekat ini. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen memberikan dana bantuan awal untuk merealisasikan pembangunannya.

“Saya akan memberikan komitmen, bahwa ini akan dapat bantuan dari pemerintah Kabupaten Garut, masukan dalam RPTK (Rencana Pembangunan Tahunan Kecamatan), misalnya RPTK yang berhubungan dengan menjadikan (tempat) ini sebagai pusat pariwisata yang ada di Tarogong Kidul,” katanya.

Dikatakan Rudy, untuk meningkatkan kualiatas dari embung desa ini, pihaknya akan membangun fasilitas penunjang agar wisatawan nantinya merasa nyaman dan aman.

“Kalau memang ada komitmen untuk menyerahkan bagaimana caranya lahan camping ground minimal 5000 meter, maka kita akan buat fasilitas-fasilitasnya, di antaranya kita akan buat adalah tempat mandi dan MCK komunal yang banyak, yang kedua adalah jalan kesini tentu terus harus pakai double beton, supaya tidak seperti ini ya, kalau bisa pisah, nanti pemda membebaskan gak ada masalah, ke kiri atau ke kanan 1 meter, jadi ini ada 3 meter, disini juga ada sesuatu yang kita buatkan lapang parkir,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Tarogong Kidul, Doni Rukmana menuturkan, embung yang menggunakan mesin pompa dari anggaran dana desa ini bisa mengairi kurang lebih 100 hektar sawah.

“Embung ini bisa mengairi 100 hektar (sawah) yang di atas, mesinnya sudah ada, ditarik barangkali ke atas, untuk mengairi apabila sawah-sawah yang di atasnya kekeringan,” ujarnya singkat.

Berdasarkan pantauan Media Fakta dan Realita di lapangan, usai acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Kecamatan Tarogong Kidul ini, Bupati Garut, terlihat menyempatkan diri untuk mengikuti giat mancing bersama dengan warga di kolam ikan embung desa Cibunar kecamatan Tarogong Kidul.

Reporter : Wena. H | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.