Galang Dana “Gemari” ala Kampung Cilintung Karangpawitan Miliki Banyak Manfaat

oleh -13 Dilihat

Garut, Fakta dan Realita-

SALAH satu program unggulan warga Kampung Cilintung RW 01 Desa Situgede Kecamatan Karangpawitan Garut Jawa yaitu Gerakan Lima Ratus Perhari atau disingkat dengan nama GEMARI.

Gemari sendiri sudah berjalan kurang lebih satu tahun, dan tentu saja banyak manfaat yang dirasakan warga RW01 Kampung Cilintung.

Salasatu nya manfaat Gemari yang dirasakan warga yaitu saat pelaksanaan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H yang berlangsung Kamis malam (20/08/2020) dengan menggelar Tabligh Akbar, Lomba Tahfidz Quran serta Festival Kuliner Tradisional, dimana dana yang digunakan sebagian besar dari program GEMARI tersebut.

Sesuai yang dikatakan oleh Ketua Rukun Warga (RW) 01, Dedih Mukarom menjelaskan semua rangkaian kegiatan peringatan Tahun Baru Islam tersebut sebagian besar sumber dananya berasal dari Gemari.

“Ada juga dana terkumpul dari hasil sumbangan lainnya,” ucapnya.

Selain itu kata Dedih, Gemari saat ini dikelola oleh para pemuda yang terhimpun dalam sebuah wadah bernama Ikatan Remaja Masjid (Irmas).

Menurut Dedih, dibentuknya Irmas selain sebagai wadah untuk belajar tentang Agama Islam, juga merupakan wadah kerja bagi kaum pemuda Kampung Cilintung dalam melaksanakan berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Menyoal program Gemari, dirinya mengaharapkan kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi dan manfaatnya dapat dirasakan lebih besar oleh warga.

“Tidak hanya untuk melaksanakan kegiatan hari besar saja, tapi bisa digunakan untuk kepentingan kemanusiaan dan sosial lainnya seperti menolong warga yang sakit,” katanya.

Manfaat lain dengan dikelolanya program Gemari oleh Irmas sambung Dedih yakni bisa melihat kondisi warga Kampung Cilintung setiap harinya.

Sementara itu Ketua Irmas, Encep M Firdaus mengatakan kepengurusan Irmas Kampung Cilintung baru berjalan tiga bulan dengan mengusung visi Sarasa Sajiwa Satujuan atau Sajitu, sehingga lebih dikenal dengan nama Irmas Sajitu, yang mana saat ini keanggotaan Irmas Sajitu sudah berjumlah 40 orang

Adapun misi dari Irmas Sajitu terang Encep yakni menanamkan norma agama melalui pengajian dan dakwah sebagai usaha pembinaan pemahaman agama, sosial dan kemanusiaan di lingkungan masyarakat yang ditujukan kepada kalangan remaja.

Lebih jauh Encep menjelaskan, selain mengelola Gemari, Irmas Sajitu juga melaksanakan berbagai kegiatan lainnya, seperti belajar Al-Quran, padat karya, kerja bakti dan bakti sosial.

Diakhir obrolannya, Encep mempunyai cita cita, kedepannya Irmas Sajitu bisa membuka peluang usaha yang nantinya dari hasil usaha tersebut bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga.

Terpisah, Sabtu (22/08/2020), Kepala Desa Situgede, Dedi Suryadi sangat mengapresiasi program Gemari yang dilaksanakan oleh warga masyarakat Kampung Cilintung.

“Insyaallah, kedepannya program Gemari akan dilaksanakan di setiap kampung yang ada di Desa Situgede,” pungkasnya.

Reporter : Wita | Editor : Red_FR

No More Posts Available.

No more pages to load.